Return to site

Tips Untuk Melakukan Metode Pembelajaran Online (e-Learning)

· e-Learning Indonesia

Tidak semua guru atau pengajar dapat langsung menguasai metode pembelajaran online. Hal ini tidak lepas dari adanya penggunaan sistem tambahan seperti sistem manajemen pembelajaran (LMS) yang mana sistem ini mungkin masih sangat asing untuk para pengajar maupun pelajar. Maka dari itu, pengetahuan yang lebih awal dari para pengajar terkait LMS dan metode yang harus dijalankan untuk e-Learning ini sangat penting. Di sini, kami akan memberikan beberapa tips untuk Anda para pengajar yang akan melakukan metode pembelajaran e-Learning di sekolah/kampus.

1. Memaksimalkan pembelajaran asinkron

Salah satu manfaat besar dalam proses pembelajaran online adalah kemampuan yang dapat melibatkan pelajar baik ketika berada di kelas maupun saat melakukan pembelajaran di luar kelas. Dalam hal ini, pembelajaran online dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja yang mana dapat disesuaikan dengan jadwal pelajaran yang harus didapat oleh para pelajar. Salah satu contooh dalam metode pembelajaran ini adalah menonton rekaman video materi, studi kasus, memainkan simulasi dan melakukan sesi tanya jawab.

2. Penekanan terhadap pembelajaran sinkron

Pada saat proses pembelajaran dilakukan secara tradisional (pembelajaran langsung di dalam kelas) tentu sangat mudah bagi Anda untuk melihat reaksi dan keterlibatan pelajar terhadap suatu materi. Sayangnya, untuk melakukan analisa melalui metode pembelajaran ini sangat sulit dan akan berbeda jika Anda melakukan metode pembelajaran dengan metode online. Karena itu penting bagi Anda untuk melakukan variasi diskusi secara langsung dengan pelajar maupun memperhatikan diskusi antar pelajar terkait materi yang mereka dapatkan.

3. Memperhatikan keterlibatan siswa dan penyesuaian

Dalam proses pembelajaran online, Anda dapat menggunakan beberapa metode untuk mengetahui tingkat kemampuan pelajar dalam memahami materi. Diantaranya adalah dengan menciptakan kuis atau pertanyaan interaktif. Dari apa yang Anda berikan ini semua dapat Anda perhatikan proses perkembangannya dan dapat pula melakukan penyesuaian untuk memastikan siapa yang harus Anda berikan waktu lebih dalam mengikuti pelajaran agar menguasai materi dan mana yang tidak. Dengan sistem LMS semua ini dapat Anda lakukan dengan lebih mudah untuk menjamin hasil yang maksimal untuk semua pelajar ketika mereka mengikuti proses belajar dari rumah atau school from home (SFH).

Ilustrasi (c) Unsplash.com