Return to site

Tips Selama Anda Menjadi Pelajar/Mahasiswa

· e-Learning Indonesia,Sistem LMS Indonesia

Masa-masa menjadi pelajar memiliki kesan yang variatif. Sama halnya ketika sudah menjadi seorang karyawan atau ketika menjadi wirausahawan setelah lulus. Namun, sebelum semua ini terjadi, tentunya Anda harus bisa mengikuti pelajaran dan pendidikan di kampus dengan baik. Berikut adalah beberapa tips bagi Anda yang saat ini masih berstatus sebagai pelajar/mahasiswa agar dapat mengikuti pendidikan dengan maksimal.

1. Tentukan goal/tujuan

Apa pun kegiatan yang Anda lakukan haruslah memiliki tujuan dan target yang harus dicapai. Begitu pula ketika Anda mengikuti pendidikan di kampus/sekolah, Anda juga harus memiliki target yang harus dicapai. Ini bukan hanya tentang ranking dan prestasi, tetapi pemahaman akan suatu materi harus Anda jadikan target utama yang tidak boleh dikesampingkan.

2. Jangan malu belajar dengan orang lain

Jangan memaksakan diri untuk mempelajari suatu materi yang tidak dapat Anda kuasai sendirian. Anda memiliki teman atau saudara yang lebih memahami materi tersebut, belajarlah dengan mereka. Ini akan membantu Anda menguasai suatu materi lebih cepat daripada Anda memaksakan diri untuk belajar seorang diri yang pada akhirnya akan membuat Anda malas dalam belajar di kemudian hari.

3. Selalu berpikir positif

Jangan merasa Anda tidak akan bisa menguasai suatu mata pelajaran karena sulit atau karena hal lain. Anda hanya perlu berpikir positif bahwa jika ada orang lain yang mampu mengerjakan tugas atau menguasai suatu materi, tentu Anda juga bisa seperti mereka. Pada dasarnya, mereka juga belajar sama seperti Anda. Jadi, tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk mengatakan kalau tidak akan pernah bisa seperti mereka.

4. Jika Anda suntuk karena belajar terlalu keras, istirahatlah!

Belajar juga dapat menguras energi, jangan pernah memaksakan diri untuk belajar jika Anda sudah merasa berada pada titik jenuh. Berhentilah sejenak, carilah hiburan baik itu ngegame atau di isi dengan hal-hal lain yang dapat membuat pikiran Anda lebih santai dan fresh. Ketika Anda sudah merasa istirahat cukup, lanjutkan kembali belajar yang Anda tunda sebelumnya.

5. Mengatur waktu

 Anda tidak harus belajar setiap waktu dan melupakan aktivitas lain yang dapat membuat Anda lebih santai. Anda juga jangan beraktivitas berlebihan yang dapat membuat Anda lupa atau malas untuk belajar. Mengatur waktu adalah solusi bagi Anda agar dapat menjalankan semua aktivitas sehari-hari termasuk belajar dengan baik dan teratur.

Ilustrasi (c) Unsplash.com