Return to site

Tips Bagi Pengajar Yang Akan Menjalankan Pembelajaran Online Untuk Siswa

· e-Learning Indonesia

Dengan kondisi bencana pandemi sejak tahun 2020, kita sebagai masyarakat harus beradaptasi untuk tetap mencapai apa yang kita butuhkan. Ini berarti kita harus pindah ke kantor virtual untuk bekerja dari rumah dan menerapkan strategi jarak sosial di tempat umum. Bagian dari strategi ini termasuk di lingkungan sekolah agar pindah ke ruang kelas virtual online untuk mengajar dari jarak jauh.

Banyak sekolah telah memilih untuk tetap menjalankan tatap fisik dengan pengurangan atau rotasi kelas, namun ini merasakan manfaat berbeda yang diberikan oleh pengalaman tersebut pembelajaran akan jauh lebih maksimal jika dilakukan dengan metode e-learning, kita akan membahas bagaimana mengajar jarak jauh dilakukan, alat apa yang digunakan, dan beberapa tips untuk para guru yang ingin mulai mengajar kelas mereka dari jarak jauh untuk mengantisipasi peningkatan COVID-19 varian Omicron semakin meluas di Indonesia.

Seperti Apa Pembelajaran Jarak Jauh?

Bagi orang luar, pembelajaran jarak jauh mungkin terlihat seperti banyak panggilan telepon dan tugas online, tetapi sebenarnya lebih dari itu. Sementara panggilan dan tugas tidak diragukan lagi menjadi bagian dari pembelajaran jarak jauh, ada lebih banyak hal yang terjadi secara dinamis.

Sebagai seorang guru, itu berarti menggunakan struktur baru untuk metode pembelajaran Anda yang melibatkan pembuatan kelas virtual. Ada banyak alat berbeda yang dapat membantu dalam hal ini, tetapi kami juga dapat memberikan beberapa tip untuk menyiapkan kantor pembelajaran jarak jauh Anda. Anda harus mengandalkan teknologi untuk membantu Anda, tetapi jangan biarkan itu menjadi penopang, atau biarkan gaya mengajar Anda tiba-tiba menjadi impersonal. Anda masih membutuhkan orang lain di sisi Anda.

Pada akhirnya, banyak yang merasa bahwa pembelajaran jarak jauh mungkin merupakan masa depan pembelajaran karena memungkinkan penugasan dan penyerahan pekerjaan menjadi jauh lebih fleksibel. Namun, ini juga merupakan upaya yang berisiko karena tidak setiap siswa dapat mengatasi atau bahkan memfasilitasi pembelajaran jarak jauh. Dalam hal ini, Anda harus bekerja dua kali lipat untuk memastikan transisi semulus mungkin.

Alat Apa yang Ada untuk Membantu Pembelajaran Jarak Jauh?

Ada banyak aplikasi dan alat berbeda yang tersedia bagi guru dan siswa untuk digunakan. Alat ini memungkinkan siswa dan guru untuk berkolaborasi dalam ruang virtual. Salah satunya adalah sistem pembelajaran yang dikenal dengan sistem manajemen pembelajaran atau LMS. Anda dapat menggunakan alat yang serupa dengan ini, yang membantu mengelola tugas, memungkinkan komunikasi pada tingkat yang lebih pribadi, dan mengadakan pelajaran jenis panggilan konferensi, memungkinkan presentasi digunakan sebagai alat bantu pembelajaran. Namun, dengan LMS, Anda dapat mengcover semuanya dalam satu sistem.

Tips untuk Mereka yang Ingin Menciptakan Lingkungan Pembelajaran Jarak Jauh

Mengulangi poin sebelumnya, teknologi Anda adalah alat bantu pembelajaran, bukan penopang. Ruang kelas virtual dan alat pembelajaran jarak jauh Anda hanya memungkinkan Anda menyelenggarakan kelas online. Jadi, meskipun pengalamannya mungkin terasa berbeda, Anda tetap harus berusaha untuk menormalkan etiket online dan membuat kelas virtual seinteraktif mungkin untuk memastikan bahwa ruang kelas Anda sedekat mungkin dengan pembelajaran tatap muka. Ini memastikan bahwa pembelajaran Anda terasa lancar dan orang-orang tidak terlalu merasa tidak nyaman dengan perasaan teknologi yang terkadang sepi dan tidak personal.