Return to site

Teknologi Yang Mengubah Cara Dalam Mengelola Data & Analitik Dalam Pendidikan

Sistem pengolahan data pada kampus

Menggunakan data pembelajaran dan analitik untuk mengambil keputusan dalam industri pendidikan menjadi aktivitas yang berkembang dengan cepat. Meskipun metode ini masih sangat baru dalam dunia pendidikan, namun efek yang dirasakan oleh para dosen atau pemilik lembaga dapat dengan mudah untuk menemukan informasi yang dibutuhkan untuk ditindaklanjuti. Bahkan, data dan analitik ini membantu fasilitator untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Untuk memperjelas apa yang membuat data dan analitik penting bagi dunia pendidikan. Berikut kami berikan hal-hal yang dapat mengalami perubahan dalam industri pendidikan yang disebabkan oleh data dan analitik tersebut.

1. Memberikan pengalaman belajar yang optimal

Jika kita percaya bahwa teknologi dapat membuat pendidikan tradisional terganggu mungkin memang ada benarnya. Tetapi, ini tidak sepenuhnya memberikan gangguan terhadap metode pendidikan tradisional. Yang benar adalah, teknologi menambah pengalaman belajar yang lebih maksimal kepada para pelajar untuk memenuhi kebutuhan individual dari pelajar-pelajar tersebut. Data dan analitik untuk memberikan dasar pengetahuan bagi para pengajar untuk memahami perilaku, kebutuhan dan pengalaman belajar semaksimal mungkin untuk para pelajar.

2. Memberikan pembelajaran yang perlu diprioritaskan

Salah satu tantangan besar dalam mengola data dan analisa adalah banyaknya data yang dimiliki oleh lembaga sekolah/kampus. Platform pendidikan seperti Learning Management System (LMS) ini memudahkan lembaga sekolah/kampus untuk mengumpulkan data dalam jumlah yang besar dalam lingkup internal. Ini pun membuat pengajar lebih mudah dalam mengidentifikasi apa yang penting dan menentukan elemen-elemen pendidikan yang harus diprioritaskan agar dapat mendudkung optimasi kemampuan pelajar dalam menerima setiap materi yang harus mereka kuasai.

3. Tata kelola data untuk menjaga keamanan dari data tersebut

Teknologi analitik untuk data ini akan lenih menjamin privasi dan keamanan data-data yang dimiliki oleh lembaga. Learning Management System (LMS) juga dapat membantu lembaga menghindari hal-hal yang tidak diharapkan seperti bencana alam, bencana yang disebabkan oleh kesalahan manusia (kebakaran, rusak dan lain sebagainya) mengganggu proses pengolahan data pelajar dikarenakan database yang dimiliki rusak akibat bencana tersebut.

Itulah beberapa hal yang dapat membuat perubahan dalam menganalisa dan mengumpulkan data dengan teknologi yang berhubungan dengan pendidikan yang dapat kami berikan. Jika Anda masih bingung mengenai data dan analitik untuk pendidikan dan bagaimana sistem LMS dapat memudahkan Anda dalam menerapkan keduanya, silakan hubungi kami di hi@brightspaceindonesia.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com