Return to site

Teknik Untuk Melatih Mahasiswa Yang Harus Diketahui Oleh Dosen

· Tips Belajar

Menjadi dosen yang mampu melatih mahasiswa menjadi pelajar yang unggulan bukanlah perkara yang mudah. Anda tidak dapat mencetak pelajar dengan hanya berbekal satu atau dua kali pelatihan. Tetapi, konsistensi harus Anda lakukan guna mencapai hal tersebut. Penguasaan terhadap teknik dalam melatih mahasiswa sangat diperlukan agar program pelatihan sukses. Jika Anda tidak memperhatikan teknik dalam memberikan pelatihan sebagai fokus utama yang harus dilakukan, tentu program pelatihan atau cara melatih yang Anda berikan kepada mahasiswa menjadi kurang efektif. Maka dari itu, cobalah untuk mengetahui beberapa teknik untuk melatih mahasiswa menjadi pelajar yang berkualitas.

 

1. Menggunakan e-Learning untuk mengedukasi pelajar

Jika Anda memiliki banyak pelajar yang dirasa kurang memahami akan suatu materi, maka Anda perlu melakukan metode pembelajaran yang berbeda. Jangan hanya terpaku pada metode pembelajaran tradisional jika ini membuat pelajar semakin kesulitan. Agar Anda memiliki waktu yang lebih panjang untuk melatih pelajar, maka pembelajaran e-Learning dapat diterapkan untuk memberikan materi-materi yang harus disiapkan dan dipelajari. Setelah itu, Anda dapat memaksimalkan waktu yang dimiliki untuk mengedukasi dan melatih pelajar dengan lebih fokus dan menciptakan keberhasilan pembelajaran yang maksimal.

 

2. Berikan pelatihan yang singkat dan konsisten dengan disertai micro-learning

Micro learning merupakan metode pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pelatihan. Hal ini untuk memberikan kesan yang lebih sederhana bagi pelajar dan meningkatkan antusiasme mereka dalam belajar. Antusiasme yang mereka tunjukkan dari metode ini dapat meningkatkan konsentrasi saat menerima materi dan mengikuti pelatihan. Yang tak kalah penting juga dengan lebih konsisten terhadap apa yang diberkan oleh pengajar kepada pelajar. Konsistensi akan memberikan hasil yang konsisten pula kepada para pelajar.

 

3. Feedback

Yang tak kalah penting adalah jangan ragu untuk meminta umpan balik dari pelajar. Anda bisa membuat peraturan yang mau tidak mau harus diterima oleh pelajar, tetapi apakah itu akan efektif untuk membawa mereka pada pemahaman yang optimal? Memaksakan suatu teknik pembelajaran yang tidak sesuai dengan kemauan pelajar hanya akan membuat pelajar sering hilang konsentrasi. Sebagus apapun pelatihan yang Anda berikan kepada pelajar, jika metodenya kurang sesuai dengan pelajar, maka Anda akan tetap gagal. Selalu terbuka pada pelajar dan sesekali mintalah umpan balik kepada mereka dan bertanya keinginan mereka agar dapat mengikuti proses belajar dan mengajar maupun pelatihan dengan maksimal.

Ilustrasi (c) Unsplash.com