Return to site

Program Berbasis Virtual Dapat Disampaikan Secara Langsung Kepada Pelajar

· e-Learning Indonesia

Ketika pandemi mendorong lebih banyak pembatasan aktivitas tatap muka di seluruh dunia, dengan cepat menjadi jelas bahwa program pembelajaran akan terpengaruh. Mengetahui dampak ini terhadap anak-anak di sekolah, penting bagi kita semua untuk menemukan cara untuk bergerak maju terlepas dari tantangannya. Program berbasis virtual dapat disampaikan secara langsung. Inilah cara untuk mewujudkannya dengan Brightspace.

Langkah 1: Transisi dari Kurikulum Berbasis Kertas ke Kurikulum Digital

Setelah memutuskan untuk mengubah pendidikan dari tradisional menjadi secara online, Anda perlu mengubah kurikulum tradisional dan mengubahnya menjadi sesuatu yang dapat digabungkan dengan metode pendidikan secara digital. Anda tentunya perlu memahami apa yang akan hilang selama transisi, tetapi yang paling penting, apa yang akan Anda peroleh dan apa yang dapat dilakukan sekarang yang sebelumnya tidak dapat dilakukan. Meskipun Anda tahu bahwa tidak akan dapat meniru pengalaman dengan tepat memfasilitasi pembelajaran online telah membuka pintu ke jenis keterlibatan baru yang tidak mungkin dilakukan.

Langkah 2: Merancang Pengalaman Pelajar

Ada lebih banyak hal dalam pembelajaran online daripada mengunggah kurikulum Anda ke lingkungan belajar Anda. Agar efektif, Anda harus melampaui penggunaan template yang diisi dengan konten statis. Kami bekerja dengan Perancang Instruksional di tim Layanan Pembelajaran dan Kreatif D2L yang memberikan rekomendasi tentang cara memaksimalkan Brightspace. Saran yang diberikan seperti:

  • Manfaatkan Beranda di Brightspace untuk berbagi informasi penting tentang kursus Anda.
  • Pertimbangkan peran yang berbeda dalam Brightspace. Pelajar, pengajar, bahkan orang tua, semua dapat berinteraksi di dalam platform. Apa yang akan menjadi pengalaman mereka?
  • Gunakan institusi Anda untuk menyesuaikan template dan memberikan keterpaduan di seluruh kursus.
  • Antisipasi pertanyaan pembelajar dan bangun informasi itu ke dalam konten Anda.

Kami juga menggunakan video untuk membuat konten benar-benar menjadi hidup bagi pelajar. Brightspace menyediakan kemampuan untuk menyematkan video langsung dari YouTube dalam modul. Untuk setiap pelajaran, kami membuat tiga video pendek: ikhtisar pelajaran, penjelasan topik akademik, dan demonstrasi aktivitas atletik.

Langkah 3: Menentukan Logistik Pembelajaran Virtual

Dengan pengalaman dan konten yang telah disortir, masalah berikutnya adalah logistik. Berdasarkan kebutuhan, untuk memulai setiap hari dalam proses pembelajaran dengan komunikasi sinkron melalui Kelas Virtual di Brightspace. Semua pelajar dapat mulai mengikuti pendidikan pada jam yang ditentukan oleh pengajar dan memiliki kesempatan untuk mengajukan pertanyaan untuk memecahkan masalah (jika diperlukan).

Ilustrasi (c) Unsplash.com