Return to site

Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan

· e-Learning Indonesia,Sistem LMS Indonesia

Selama satu dekade terakhir, kehadiran teknologi mulai mempengaruhi pembelajaran. Baik dalam teknologi komputasi maupun teknilogi internet. Lembaga pendidikan mulai dari yang kecil hingga besar pun sudah mulai mengadopsi teknologi untuk mendukung pendidikan di kampus/sekolah. Seperti saat ini, kursus online sudah popular di Indonesia. Sistem pembelajaran dengan e-Learning pun sudah mulai diaplikasikan di beberapa kampus di Indonesia. Bahkan, untuk metode kursus online dalam dunia pendidikan ini sudah menjadi bagian penting bagi para pelajar karena dapat dilakukan di dalam rumah sendiri dengan bermodalkan gadget.

Kehadiran teknologi untuk pendidikan ini pun bukan lagi hanya sebatas tren yang dapat hilang dalam sekejap. Tetapi, teknologi pendidikan melalui e-Learning sudah menjadi kebutuhan bagi lembaga pendidikan untuk menjaga kualitas belajar para pelajar. e-Learning merupakan solusi untuk memudahkan pelajar dalam mempelajari semua materi pendidikan yang ada. e-Learning bukan sebatas alternatif, tetapi harus menjadi bagian pendidikan yang diajarkan oleh masing-masing lembaga.

Ketika Anda mulai menjalankan sistem pendidikan e-Learning, itu artinya Anda memiliki kesempatan besar dalam menyetarakan kualitas pendidikan para pelajar. Tidak ada lagi batasan dalam mengikuti mata pelajaran yang diakibatkan oleh hal-hal tertentu. Sebagai contoh, ketika seorang pelajar sakit, ia tidak dapat masuk sekolah untuk beberapa hari. Dalam kurun waktu tersebut, tentu siswa tidak memiliki kesempatan untuk memikirkan dan mengikuti mata pelajaran. Namun, ketika ia kembali masuk sekolah, materi sudah berganti, ia pun ketinggalan beberapa materi sebelumnya.

Dengan mengimplementasikan sistem pembelajaran online (e-Learning) dengan LMS, pelajar tidak perlu lagi khawatir dengan kejadian tersebut. Karena, mereka dapat mengikuti materi dengan baik melalui materi-materi yang disiapkan secara online pada sistem. Bagi pengajar, ia dapat memberikan bimbingan kepada para pelajar dengan waktu yang lebih panjang karena proses pemberian materi tidak perlu dilakukan di sekolah dan hanya perlu dilakukan melalui sistem LMS. Komunikasi dengan pelajar dapat terjalin dengan baik, proses bimbingan menjadi lebih berkualitas dan menghasilkan mutu pendidikan yang lebih baik untuk para pelajar.

Ilustrasi © Unsplash.com