Return to site

Pendekatan Flipped Classroom Dalam Pendidikan

· Flipped Classroom

Pendekatan Flipped Classroom dalam pendidikan, saat ini hanya populer di kalangan pendidikan yang sudah sadar akan pendidikan online baik di sekolah menengah maupun di universitas/perguruan tinggi. Meskipun demikian, adopsi metode pendidikan ini bukanlah tanpa tantangan, pasalnya tidak semua orang terbiasa dengan cara Flipped Classroom meskipun ia sudah mengikuti beberapa test. Jika Anda masih kesulitan untuk menjalankan metode pembelajaran Flipped Classroom ini, sebenarnya sudah ada banyak sumber daya, beberapa juga membahas tentang metode pendidikan ini baik dalam memberikan panduan tentang cara menggunakan model Flipped Classroom, hingga dalam menghadapi semua tantangan yang harus dihadapi. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas sedikit tips tentang langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk mencapai metode pembelajaran Flipped Classroom yang sukses di sekolah/universitas Anda.

1. Berdayakan Siswa

Pada langkah ini, Anda harus fokus pada menciptakan lingkungan belajar yang berpusat pada siswa. Dengan melakukan ini, pengajar dapat berperan yang lebih fokus untuk menjadi penuntun pembelajaran. Menyiapkan lingkungan belajar dapat dilakukan dengan cepat, dengan mengadopsi teknologi dalam pendidikan seperti Brightspace Indonesia.

2. Memanfaatkan Teknologi

Dengan sistem pengelolaan pembelajaran yang diterapkan, Anda memungkinkan siswa untuk dengan mudah mengakses materi pelajaran kapan saja dan dari lokasi mana pun. Posting video materi, membagikan panduan belajar online dan bahan bacaan, masukkan audio, gambar, dan media apa pun yang dapat Anda pikirkan untuk diakses siswa. Semua ini dapat dilakukan dengan mudah dengan memanfaatkan teknologi dan integrasi melalui sistem LMS.

3. Selalu Melakukan Evaluasi

Memiliki platform dan teknologi bukan berarti semua dapat bekerja otomatis. Anda juga perlu mengawasi bagaimana kinerjanya dengan secara teratur mengevaluasi hasil pembelajaran dan menyesuaikannya. Anda juga harus melakukan evaluasi terhadap metode belajar Flipped Classroom yang diterapkan di perusahaan Anda. Sebagai bahan pertimbangan guna menemukan hasil evaluasi yang lebih cepat, anda dapat melakukan ini dengan berbagai cara seperti dengan mekanisme kuis online .Apabila apa yang Anda lakukan ini benar, maka Anda akan lebih mudah untuk memperbaiki hasil pembelajaran dari semua pelajar.

4. Mengembangkan Komunitas Pembelajaran

Hanya memposting konten Anda secara online tidak akan menjamin keefektifannya. Anda harus melakukan segalanya yang ada dalam kendali Anda. Termasuk diantaranya dengan melakukan pembentukan dan pengembangan komunitas di sekoalh Anda. Dengan mengembangkan komunitas pembelajaran di sekolah/universitas Anda, maka proses untuk memperbaiki kualitas pelajar melalui komunitas internal akan semakin baik. Hal ini juga dapat meningkatkan intensitas komunikasi antar pelajar yang baik untuk pengembangan soft skill para pelaja.

Ilustrasi (c) Unsplash.com