Return to site

Menjalankan e-Learning Selama Omicron Agar Lebih Efektif

· Tips Belajar

Pendidikan tinggi adalah salah satu sektor yang paling parah terkena dampak krisis COVID-19, ditambah lagi dengan ditemukannya varian baru Omicron, membuat pendidikan di Indonesia belum bisa berjalan sebagaimana mestinya. Sudah lebih dari 2 tahun sejak universitas pertama memutuskan untuk beralih ke kursus online menggunakan alat termasuk konferensi web, ruang kelas virtual dalam mengikuti pembelajaran online baiki dengan sistem manajemen pembelajaran (LMS) maupun tidak sejak pertama kali ditemukan kasus COVID-19 .

 

Meskipun masih sangat awal untuk menarik kesimpulan tentang efisiensi jenis pembelajaran jarak jauh ini dalam pendidikan universitas selama pandemi, kesan pertama dari pelajar dan siswa dapat membantu dalam menemukan mana yang berhasil dan yang tidak secara signifikan. Bagaimana kualitas pendidikan dapat ditingkatkan dalam kursus online? Artikel ini akan memberikan beberapa tip untuk para pendidik universitas tentang cara terbaik untuk memastikan kelancaran proses pendidikan secara virtual atau e-Learning.

1. Penyesuaian universitas dengan situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya tetapi tidak menghentikan pendidikan.

Keadaan terkait pandemi COVID-19 memerlukan tindakan segera yang harus dilakukan oleh universitas, termasuk meniadakan kelas di kampus untuk memastikan keselamatan mahasiswa, dosen, dan staf. Tujuan paling penting bagi institusi akademik adalah untuk menyediakan mahasiswa mereka perkuliahan dan kursus yang diperlukan tanpa kontak langsung dengan pengajar. Pendidikan online menjadi satu-satunya alternatif untuk studi akademis reguler. Namun, transisi sementara ke pembelajaran online eksklusif menciptakan banyak tantangan bagi beberapa universitas.

Keterbatasan waktu untuk merencanakan dan mengatur peralihan ke bentuk pembelajaran jarak jauh ini merupakan kendala terbesar bagi institusi akademik. Selain menyesuaikan kursus dan menyiapkan sepenuhnya untuk pembelajaran virtual menggunakan platform pembelajaran online, universitas harus membuat perubahan pada berbagai aspek tahun akademik, kegiatan, dan acara. Beberapa di antaranya termasuk mengubah tanggal masuk, mencari alternatif untuk ujian di tempat, menjadwalkan ulang pertahanan tesis, membatalkan tur universitas, dan banyak lagi. Banyak universitas di seluruh dunia menangguhkan semua perkuliahan di kampus dan mendaftarkan siswa dalam kursus online.

2. Perspektif baru — kemungkinan baru

Dengan sistem manajemen pembelajaran yang diterapkan dalam pendidikan saat ini dan alat yang mereka dukung (konferensi web, ruang kelas virtual, dll.), Para pengajar memiliki peluang besar untuk mengeksplorasi teknik, pendekatan, gaya pembelajaran baru dan banyak lagi. Sekarang saatnya bagi semuanya untuk memperoleh keterampilan baru untuk bekerja dengan platform pembelajaran ini untuk mempelajari cara menggunakan potensi penuh dari alat digital ini. Situasi unik ini adalah kesempatan yang baik untuk bekerja dalam menciptakan pengalaman belajar yang menginspirasi dan menarik bagi siswa Anda yang menambahkan materi perkuliahan yang lebih interaktif serta konten yang menarik dengan lebih banyak diskusi untuk mendorong berbagi ide dan berpartisipasi dalam sesi.

Salah satu manfaat pembelajaran online adalah kemampuan untuk menyesuaikan metode pembelajaran dengan kebutuhan dan preferensi belajar. Aktivitas kolaboratif, bekerja dalam tim, dan tugas kelompok adalah salah satu aktivitas yang paling menarik bagi mahasiswa yang dapat sangat membantu dalam proses belajar online.