Return to site

Mengubah Dunia Dengan Pendidikan Dan Digitalisasi Pembelajaran

· e-Learning Indonesia,Alat e-Learning

Saya selalu percaya bahwa pendidikan memiliki kekuatan untuk mengubah dunia. Ini dapat mengangkat orang keluar dari kemiskinan, menciptakan ekonomi yang lebih inovatif, lebih kuat, dan menghasilkan warga negara yang lebih berpengetahuan dan lebih terlibat untuk negara. Keyakinan inilah yang menjadi alasan saya mendirikan D2L, dan keyakinan yang sama inilah yang menginspirasi semua pekerjaan kami.

Tapi apa yang terjadi ketika dunia berubah begitu cepat sehingga kita berjuang untuk mengikutinya? Apa yang terjadi ketika lembaga yang kita andalkan untuk membantu mengarahkan kita melalui masa-masa perubahan yang cepat, seperti pemerintah, sekolah dan bisnis, begitu kewalahan dengan perubahan itu sendiri sehingga mereka berjuang untuk mengikutinya? Hal itu pasti terjadi selama pandemi COVID-19, karena mandat semua lembaga utama kami bergeser dari memimpin perubahan.

Menurut saya, itu belum cukup. Bahkan di saat-saat krisis, kita perlu meluangkan waktu dan berusaha untuk maju. Kita perlu terus mengajukan pertanyaan penting seperti "bagaimana kita memastikan bahwa kita terus melatih pekerja untuk pekerjaan yang akan datang", karena jika tidak, kita semua berisiko tertinggal.

Baru-baru ini, saya berdiskusi dengan Dr. Nelson Soto - yang merupakan Rektor dan Wakil Presiden Bidang Akademik di Union Institute and University, tentang topik penting ini. Dr. Soto memiliki minat pribadi dan khusus pada topik ini karena dia menghabiskan karirnya membuat perubahan dengan menghilangkan hambatan ke pendidikan tinggi untuk populasi yang terpinggirkan dan kurang terlayani.

Dr. Soto percaya bahwa teknologi memiliki peran penting dalam hal ini.

“Kami berjuang di Union untuk pendidikan yang dipersonalisasi, fleksibel dan manusiawi dan kami melakukannya dengan penggunaan teknologi,” kata Dr. Soto.

“Pada saat yang sama, kita perlu berurusan dengan orang kaya dan miskin berkenaan dengan teknologi dan siapa yang memiliki akses ke teknologi, karena itu berdampak pada dunia.” lanjutnya.

Dia juga percaya bahwa teknologi, terutama teknologi pembelajaran dapat membantu menghadapi beberapa tantangan yang kita hadapi di dunia yang diharapkan dapat mengubah sudut pandang COVID-19. Ini termasuk tantangan ekonomi jangka pendek seputar reskilling pekerja.

“Saya tidak berpikir kita harus fokus pada semester tradisional 16 minggu,” kata Dr. Soto.

“Saya pikir program sertifikat jangka pendek dan sertifikat yang dapat dikombinasikan dengan pendidikan berbasis kompetensi adalah jalan masa depan. Kami sudah banyak membicarakan hal ini di masa lalu, tetapi sekarang kami perlu memastikan bahwa kami bergerak cepat. " tambahnya.

Area peluang lain untuk perubahan ekonomi positif yang dilihat Dr. Soto adalah kemitraan korporat dengan institusi postsecondary.

“Kami perlu memastikan bahwa sekolah memberikan bisnis bakat yang sesuai dan terus meningkatkan bakat itu. Dan untuk melakukan itu, "kata Dr. Soto,

" kita perlu bertanya apa artinya berinvestasi dalam bakat dan mempersiapkan bakat untuk bisnis dan industri. "

Itu, tentu saja, tantangan yang kita semua hadapi sekarang. Secara khusus, pendidik dan pebisnis perlu menyadari bahwa ekonomi sedang mengalami transformasi digital. Hingga tahun lalu, sektor digital menguasai sekitar 12% perekonomian dunia, namun dalam tiga hingga empat tahun ke depan, diperkirakan 50% perekonomian global akan mengalami transformasi digital.

Gelombang digitalisasi yang masuk akan membutuhkan keterampilan dan kemampuan yang belum kita miliki - dan kita harus terus meluangkan waktu dan berusaha untuk menciptakan kemitraan yang kita butuhkan, menghilangkan hambatan yang dihadapi peserta didik, dan mengadopsi teknologi dibutuhkan untuk tidak hanya bertahan dari perubahan, tetapi memimpinnya.

Artikel ini pertama kali dipost di https://www.d2l.com/blog/learning2030-changing-the-world-in-a-changing-world/