Return to site

Mengapa Perlu Gamifikasi Untuk e-Learning?

Menambah unsur permainan untuk memotivasi pelajar

· Sistem LMS Indonesia,e-Learning Indonesia

Gamifikasi adalah metode pembelajaran yang menggunakan permainan di dalamnya. Contoh dengan melakukan kuis atau dengan sistem kelompok. Dalam e-Learning, Anda sanagt perlu menerapkan metode ini dalam metode pembelajaran yang Anda berikan. Karena gamifikasi ini dapat mengurangi rasa jenuh pelajar dalam mengikuti setiap mata pelajaran. Berikut adalah beberapa alasan lain mengapa gamikasi itu penting dalam e-Learning.

1. Menambah interaksi pelajar dalam mengikuti pelajaran

Setiap kuis yang dilakukan secara berkelompok, gamifikasi ini akan menambah interaksi pelajar. Kita tahu, saat ini ada smartphone yang dapat menampingi pelajar di setiap waktu. Tetapi, mereka lupa bahwa interaksi sesame pelajar itu penting untuk dilakukan agar dapat menambah pemahaman dari masing-masing mata pelajaran.

2. Meningkatkan konsentrasi pelajar

Gamifikasi yang disertai dengan nilai tambah seperti peringkat (individual atau kelompok) akan membuat pelajar terpacu dalam mengikuti setiap pelajaran dengan baik. Artinya, mereka akan lebih cenderung meningkatkan konsentrasi dalam belajarnya. Mengapa demikian? Rewards yang didapatkan oleh pelajar inilah yang akan mendorong usaha pelajar tersebut untuk semakin meningkatkan konsentrasinya dalam mengikuti pelajaran.

3. Menambah keinginan bagi pelajar untuk memahami materi/memotivasi diri untuk belajar lebih giat

Dikarenakan kuis dapat berupa trivia dan pertanyaan secara umum, ini artinya pelajar dapat menambah keinginannya untuk mempelajari setiap materi. Tujuannya sudah jelas, mereka tidak ingin kalah dari pelajar lainnya yang dapat memaksimalkan setiap pertanyaan untuk mendorong peringkatnya dalam metode pembelajaran gamifikasi ini.

4. Mendorong pelajar untuk lebih menguasai materi

Dikarenakan sebelum pelajaran atau setelah pelajaran selesai mendapatkan pertanyaan dari kuis, efek yang dirasakan oleh pelajaran secara tidak langsung adalah penguasaan terhadap materi menjadi lebih baik. Waktu untuk belajar yang bertambah, waktu latihan menjawab pertanyaan semakin sering dilakukan, maka materi yang didapatkan pun akan menjadi sangat mudah untuk dipelajari.

Itulah beberapa alasan mengapa gamifikasi perlu dilakukan oleh sekolah/kampus dalam setiap metode pembelajaran e-Learning. Belum memiliki sistem untuk menjalakan gamifikasi untuk pelajar? Segera daftarkan sekolah/kampus Anda untuk menggunakan LMS dari Brightspace Indonesia. Dengan sistem ini, Anda akan lebih mudah dalam menjalankan metode pembelajaran online maupun offline untuk pelajar-pelajar di sekolah/kampus Anda. Info lebih lanjut, silakan hubungi kami di hi@brightspaceindonesia.co.id.

Ilustrasi (c) Unsplash.com