Return to site

Mengapa Komunikasi Yang Efektif Diperlukan Dalam e-Learning?

Tujuan komunikasi dalam metode pembelajaran e-Learning sebenarnya sama dengan tujuan komunikasi seperti kelas tatap muka. Dimana komunikasi ini bertujuan untuk membangun hubungan antara pengajar dan pelajar, berbagi informasi, saling mendengarkan dan saling memahami. Kapan dan bagaimana Anda berkomunikasi dengan pelajar membantu menumbuhkan rasa komunitas di kelas e-Learning Anda, yang membantu mereka merasa terhubung dengan Anda dan kolega mereka.

Sebagai pengajar, menemukan metode terbaik dalam berkomunikasi dengan pelajar harus menjadi prioritas nomor satu. Percakapan dalam lingkungan e-Learning membutuhkan lebih banyak pemikiran dan perencanaan daripada percakapan yang terjadi di kelas tradisional (tatap muka), terutama karena dalam kelas online tidak ada bahasa tubuh yang dapat memudahkan pelajar memahami maksud dan tujuan yang ingin disampaikan oleh pengajar. Mengembangkan komunikasi yang tepat waktu, relevan, dan berguna untuk pelajar Anda bukan merupakan tugas yang mudah. Berikut beberapa pedoman dasar untuk membantu Anda mencapai hasil yang baik:

  • Ingat, buatlah sesingkat mungkin
    Coba gunakan kata sesedikit mungkin dalam proses komunikasi yang ingin Anda lakukan. Pelajar dibombardir dengan informasi yang sebagian besar terdiri dari teks, jadi hal terakhir yang mereka inginkan adalah membaca pesan panjang lainnya. Hal ini untuk mencegah banyaknya waktu yang mereka gunakan untuk membaca pesan teks dari Anda

  • Ringkas dan Jelas
    Pesan Anda harus ringkas dan jelas, tidak meninggalkan ruang untuk interpretasi yang berbeda-beda. Jika Anda ingin pelajar mengetahui bahwa batas waktu ujian telah diperpanjang, misalnya, pesan Anda harus berbicara hanya tentang itu.

  • Menghormati pelajar
    Baca ulang teks Anda untuk memastikan suaranya terdengar seperti yang Anda inginkan. Periksa nada komunikasi dan periksa kejelasan dan kelengkapan teks. Anda ingin pesan Anda profesional dan menyenangkan, dan agar pelajar Anda tahu bahwa Anda menerima pertanyaan mereka dengan baik. Karena teks tidak memiliki mimik untuk dilihat, sering kali orang salah paham ketika membaca. Anggap saja huruf kapital, banyak yang mengartikan penggunaan huruf kapital sebagai indikasi marah, padahal tidak demikian. Namun, karena pelajar sudah menganggap seperti itu, ada baiknya Anda tidak menggunakan huruf kapital secara berlebihan

  • Berikan umpan balik
    Saat pelajar Anda belajar dari jarak jauh, penting agar mereka menerima umpan balik yang konsisten tentang kemajuan mereka selama mengikuti e-Learning. Jika seorang pelajar mengajukan pertanyaan tentang sebuah tugas, sangat menarik bahwa Anda terlebih dahulu menawarkan jawaban pribadi untuk pertanyaan itu, dan kemudian jika Anda merasa pertanyaan itu penting bagi seluruh pelajar, bagikanlah pertanyaan tersebut kepada semua orang. Sehingga pelajar lain juga mendapatkan informasi yang sama. Jika Anda ingin membagikan kepada pelajar lainnya, ada baiknya Anda merahasiakan nama pelajar yang menanyakan hal tersebut untuk kepentingan privasi.

  • Minta Pendapat
    Tanyakan kepada pelajar apa yang menurut mereka menambah sentuhan pribadi lain dalam komunikasi Anda, yang membantu mereka menciptakan ikatan. Orang-orang suka memberikan pendapat pribadi mereka, karena hal ini akan membuat mereka merasa penting dan menjadi bagian di dalamnya. Pada saat yang sama, umpan balik ini sangat berharga untuk membantu meningkatkan materi pembelajaran Anda di masa mendatang.

Cara pengajar berkomunikasi di kelas e-Learning mereka harus mencerminkan keragaman pelajar. Ada banyak alat yang tersedia untuk membantu meningkatkan keefektifan komunikasi dan hubungan Anda dengan pelajar. Anda dapat memulai dengan menggunakan alat komunikasi yang disertakan dalam LMS untuk segera menghubungi pelajar, tetapi bukan rahasia lagi bahwa kelas e-Learning Anda menjadi lebih menarik dengan metode komunikasi yang lebih inovatif.