Return to site

Memperkenalkan Teknologi Untuk Pelajar

· Education Technology

Jangan biarkan masalah manajemen kelas menghalangi Anda memanfaatkan teknologi secara efektif di kelas Anda! Karena, penggunaan teknologi untuk pendidikan merupakan hal yang perlu digunakan di masa modern saat ini. Untuk menunjang keberhasilan Anda dalam memanfaatkan teknologi di kelas Anda, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

1. Penggunaan teknologi sebelum pembelajaran

Bantu siswa mengenali bahwa teknologi di kelas harus melayani tujuan pembelajaran. Minta mereka menyelesaikan pekerjaan persiapan jauh dari peralatan. Misalnya, storyboard sebelum membuat video atau presentasi PowerPoint/Keynote memastikan bahwa siswa akan mengetahui apa yang akan mereka lakukan dan dapat langsung bekerja.

2. Isyarat pada monitor

Berikan setiap siswa catatan tempel berwarna. Siapa pun yang mengalami kesulitan dengan suatu tugas dapat dengan tenang memberi isyarat kepada Anda dengan meletakkan catatan tempel di sudut atas monitor atau meja.

3. Memantau pelajar

Pantau pelajar dalam penggunaan teknologi. Selalu berada di belakang mereka untuk memeriksa apa yang mereka kerjakan dan apa yang membuat mereka mengalami kesulitan. Karena mereka perlu mengetahui bahwa Anda mengharapkan mereka fokus belajar.

4. Mengatur kelas

Atur tempat duduk kelas sehingga mudah bagi Anda untuk bergerak di sekitar ruangan dan menjangkau siswa dengan cepat. Jika Anda harus melewati jalur meja, kursi, dan badan, jauh lebih

5. Manfaatkan keahlian siswa

Siswa terkadang mengetahui lebih banyak daripada kita tentang teknologi, dan mengajari orang lain apa yang mereka ketahui adalah cara yang bagus untuk memperkuat pembelajaran mereka sendiri dan menumbuhkan komunitas kelas yang peduli. Ketika Anda tidak harus menjadi ahli teknologi di kelas, waktu Anda dibebaskan untuk mengelola bidang keahlian Anda yang sebenarnya seperti proses belajar/mengajar.

6. Kebijakan dalam membuat identitas tugas

Tetapkan di awal kebijakan Anda tentang cara memberi nama, menyimpan, dan berbagi file. Banyak dari kebijakan ini mungkin sudah ada di sekolah Anda. Dengan menentukan kebijakan ini, Anda juga dapat memastikan bahwa Anda dan siswa lebih memahaminya yang pada akhirnya akan sangat membantu mencegah kesalahan dan penyalahgunaan.