Return to site

Memahami Perbedaan e-Learning & Digital Learning

Jangan salah dalam mendefinisikan keduanya

· e-Learning Indonesia

e-Learning dan digital learning sekilas diartikan sebagai istilah yang sama oleh sebagian orang. Padahal, keduanya ini sudah mengalami pergesaran makna yang tidak bisa lagi disamakan. Oleh karena itu, kami akan memberikan penjelasan mengenai e-Learning dan digital learning secara sederhana agar Anda dapat memahami perbedaan dari dua istilah ini.

e-Learning

Sebelum internet digunakan oleh khalayak, e-Learning digunakan untuk istilah pembelajaran dengan menggunakan komputer secara langsung. Biasanya, materi yang diberikan pada era tersebut berupa disk (CDR). Namun, istilah e-Learning pun kemudian merambah pada istilah yang lebih mengarah pada media pembelejaran dengan menggunakan akses internet. Dalam kegunaannya, e-Learning saat ini lebih cenderung digunakan untuk pembelajaran-pembelajaran edukasional di bidang pendidikan.

e-Learning di masa saat ini pun terbagi dalam beberapa metode, di mana pada metode pertama metode full e-Learning dan yang kedua adalah blended learning. Full e-Learning adalah metode pendidikan yang sepenuhnya dilakukan secara online. Sedangkan blended learning adalah metode pembelajaran yang menggabungkan antara metode e-learning dan pendidikan tradisional. Untuk pengenalan metode pendidikan blended learning ini sudah pernah kami bahas sebelumnya, yang dapat Anda baca pada artikel kami yang berjudul “Apa Itu Blended Learning?

Digital learning

Berbeda dengan e-Learning, digital learning adalah media pembelajaran yang dilakukan secara digital dan tanpa harus menunggu adanya akses internet untuk bisa memulai pelajaran tersebut. Artinya, e-Learning di masa lalu, pada zaman sekarang sudah disebut dengan metode pembelajaran digital. Adapun kegunaan dari digital learning ini sudah mengarah pada korporasi dan bisnis.

Dari sini, kita sudah memiliki kesimpulan bahwa digital learning dan e-Learning sudah sangat berbeda dan tidak bisa lagi untuk kita samakan seperti yang terjadi di masa lalu. Namun, keduanya masih memiliki kesamaan yaitu metode pembelajaran yang mengunakan media digital sebagai alat dalam memberikan materi pendidikan.

Nah itulah perbedaan dari e-Learning dan digital learning yang dapat kami berikan kepada Anda. Apabila Anda memiliki pertanyaan lebih mengenai sistem e-Learning, Anda dapat menghubungi kami di hi@brightspaceindonesia.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com