Return to site

Memahami Flipped Classroom Dalam Blended Learning

· e-Learning Indonesia,Blended Learning

Flipped room atau flipped classroom merupakan model pembelajaran yang masih minim dilakukan di Indonesia. Tahukah Anda, kalau konsep ini merupakan bagian dari metode pembelajaran blended learning? Sebelum membahas lebih lanjut, apakah Anda mengerti definisi dari flipped classroom ini, apakah kelas yang dibalik?

 

Jika kita mendengar flipped room secara arti bahasa memang akan mengandung arti kelas yang dibalik. Tapi, bukan ruang kelas yang dibalik melainkan prosesnya. Tentu akan sangat lucu kalau ada yang menganggap bahwa pengajar harus membalik kelas untuk kegiatan pembelajaran. Agar tidak menimbulkan kesalahpahaman, definisi dari flipped classroom adalah proses pembelajaran di mana pengajar memberikan materi kepada para pelajar untuk dipelajari di rumah mereka dan membahasnya ketika sampai di rumah.

 

Konsep ini sangat berbeda dengan pemberian PR kepada pelajar untuk dikerjakan dirumah. Tetapi, lebih ke arah memahami materi secara mandiri di rumah yang kemudian pengajar akan memberikan tugas di sekolah untuk menjawab pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari tersebut atau dengan meminta pelajar untuk menjelaskan di dalam kelas. Dari segi konten sendiri, jika dalam e-Learning pelajar mendapatkan video yang berisikan hal-hal yang berkaitan dengan materi, pada flipped classroom dapat dikombinasikan dengan beberapa hal yang berisikan beberapa pertanyaan untuk mereka jawab di rumah, layaknya ketika mengerjakan PR.

 

Dengan metode pembelajaran ini, pengajar lebih memiliki waktu untuk memberikan penjelasan kepada para pelajar agar mereka dapat memahami konten yang sudah mereka pelajari di rumah. Materi yang seharusnya dipelajari di sekolah/kampus, kini dipelajari di rumah, dan tugas yang biasanya dikerjakan di rumah melalui PR, kini dikerjakan di sekolah/kampus. Itulah yang dimaksud dengan flipped classroom.

 

Dari metode ini, tentunya ada banyak waktu yang digunakan oleh pengajar dan pelajar untuk memahami bagaimana cara belajar di rumah. Selain itu, interaksi saat di sekolah menjadi lebih meningkat. Pelajar juga dapat memaksimalkan waktu pelajaran untuk bertanya hal-hal yang kurang dipahami. Hal ini tentu sangat sejalan dengan blended learning.

Ilustrasi (c) Unsplash.com