Return to site

Manfaat e-Learning Yang Belum Diketahui Kebanyakan Orang

· Online Learning

Lembaga pendidikan dari semua jenjang bisa mendapatkan keuntungan dari penempatan penekanan yang lebih besar pada pengembangan pelajar. Menggunakan e-Learning dan kursus pengembangan untuk meningkatkan kualitas pelajar adalah hal yang baik untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Mengapa Anda harus meluangkan waktu untuk melakukan proses pengembangan pendidikan dan pelajar? Pada artikel ini, kami akan memberikan beberapa alasan Anda harus menggunakan e-Learning dan pelatihan terhadap pelajar secara interaktif untuk mengembangkan pelajar di sekolah/kampus Anda.

1. Peningkatan kualitas pendidikan

Tujuan utama dari pengembangan pelajar tentu adalah untuk peningkatan kualitas pendidikan di sekolah/kampus Anda. Maka dari itu, kami menempatkan poin ini sebagai alasan utama mengapa Anda perlu melakukan pengembangan pelajar dengan metode yang benar.

2. Meningkatkan kemauan pelajar untuk mengikuti pelajaran

Proses pengembangan pelajar dengan memberikan pendidikan yang sesuai dengan kemauannya melalui personalisasi akan meningkatkan kemauan mereka untuk mengikuti pelajaran. Hal ini tentu tidak akan pernah dilakukan oleh sekolah/kampus yang tidak menjalankan proses pengembangan pelajar. Pasalnya, dalam banyak kasus pendidikan di Indonesia, pelajar mendapatkan satu materi yang sama, guru hanya mengajarkan satu kali kepada pelajar dan dia tidak akan meminta pelajar untuk menanyakan kembali di luar kelas.

3. Memberikan peran penting terhadap pelajar di masa depan

Program pengembangan pelajaran tentu memberikan Andil yang sangat besar bagi para pelajar. Semua pelajar dapat memiliki pemahaman terhadap satu materi dengan lebih baik karena dengan e-Learning pelajar dapat diatur dan diminta untuk mengikuti proses pembelajaran secara personal dan juga dapat mengulang materi yang diberikan oleh pelajar yang disampaikan dalam bentuk video.

Pada kenyaataannya, masih banyak pengajar yang mengatakan e-Learning tidak efisien dan mungkin tidak layak untuk diterapkan di Indonesia. Ketika Anda menjalankan proses pendidikan dan beranggapan seperti itu, Anda juga harus mengingat beberapa hal jika beranggapan bahwa e-Learning tidak perlu dilakukan. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah

  1. Bagaimana peran teknologi mempengaruhi kehidupan pelajar di luar sekolah?
  2. Bagaimana proses belajar berubah dari waktu ke waktu dan tidak ada satu pun yang meninggalkan teknologi, apa jadinya jika Anda menganggap e-Learning tida efektif?
  3. Mampukah Anda menyesuaikan program pendidikan dan pengembangan untuk pelajar jika hanya mengandalkan metode pembelajaran tradisional?
  4. Apakah pelajar Anda siap untuk bersaing di masa depan dalam penguasaan materi dan praktik dengan mereka yang dapat mengikuti pendidikan melalui e-Learning secara maksimal?
  5. Inovasi apa yang akan Anda gunakan ketika e-learning sudah menjadi bagian penting bagi lembaga lain sedangkan Anda masih terlalu nyaman dengan metode pembelajaran yang ketinggalan zaman?

Ingat, program pengembangan pelajar dengan metode pembelajaran blended learning adalah hal yang harus Anda ingat dan diimplementasikan untuk pelajar mulai dari sekarang. Anda tidak tahu bagaimana teknologi mengubah keadaan hanya butuh waktu yang sangat singkat. Jika Anda tertinggal, maka pelajar juga akan tertinggal.