Return to site

Lulus Kuliah, Bukan Berarti Anda Berhenti Belajar!

· e-Learning Indonesia

Belajar merupakan aktivitas yang tidak memiliki batas. Meskipun Anda merupakan orang yang sudah berusia 60 tahun ke atas sekalipun Anda tetap harus belajar. Ingat, potensi pekerjaan saat ini sangat terbuka untuk siapa pun yang memiliki keterampilan. Masih ingat seorang nenek yang viral dan menjadi artis vlog? Ini adalah bukti bahwa pendidikan dan pembelajaran tidak ada batasnya. Tidak terkecuali, siapa pun orangnya, selama usia masih ada, itu artinya masih ada waktu untuk belajar. Kesuksesan pun demikian, Anda tidak akan sukses jika tidak pernah belajar dari kesalahan, kesempurnaan juga tidak akan pernah Anda temukan jika tidak belajar dari kegagalan. Tidak hanya sekolah, Anda juga dapat belajar di mana pun Anda berada melalui e-Learning. Lalu, mengapa Anda harus tetap belajar meskipun sudah lulus dari bangku sekolah atau kuliah?

1. Belajar akan selalu menuntun Anda pada suatu hal yang baru

Inspirasi bisa datang kapan saja, yang akan membantu Anda membuat ide yang sangat bagus? TV, internet atau orang sekitar adalah beberapa jalan untuk mencapai hal tersebut. Ketika Anda menemukan ide, itu artinya Anda sudah belajar dari apa yang belum Anda lihat sebelumnya. Untuk itu, ketika Anda terus belajar dalam setiap keadaan melalui e-Learning, maka Anda akan berhasil menciptakan lebih banyak ide untuk dikembangkan dalam kehidupan Anda secara personal maupun untuk kepentingan bisnis dan pekerjaan.

2. Untuk menjaga passion Anda dan produktivitas

Passion, semangat dan keinginan akan mengalami masa naik dan turun yang dapat berimbas pada produktivitas dalam kehidupan Anda. Dengan belajar, akan muncul sikap optimis dalam diri ketika berhasil menambah sesuatu yang baru dalam kehidupan. Tetapi, jika Anda berhenti belajar, selain kemampuan Anda berhenti sampai disitu, Anda juga akan ketinggalan dari orang lain yang sebelunya jauh di bawah Anda dan gagal memaksimalkan produktivitas dari dalam diri Anda.

3. Untuk menyeimbangkan kebutuhan hidup dan perubahan kondisi disekitar Anda

Selalu ada masa di mana Anda akan mulai merasa tidak sanggup dalam melakukan pekerjaan atau dalam kehidupan sehari-hari. Dengan belajar, hal tersebut dapat diatasi dan Anda pun akan selalu memiliki rasa optimisme dan alasan untuk bangkit. Inilah mengapa belajar akan menyeimbangkan kehidupan Anda dalam menghadapi kehidupan. Tidak terkecuali, apakah ini untuk bisnis maupun untuk keperluan pribadi.

Nah, untuk Anda yang merasa bahwa sulit jangan pernah berhenti belajar. E-Learning ada untuk memberikan kemudahan kepada siapa pun. Jika saat ini Anda sedang kuliah atau menjadi pengajar di sekolah/kampus, sudah saatnya Anda mulai berpikir tentang implementasi sistem LMS untuk siswa/mahasiswa yang Anda didik. Dengan cara ini, Anda akan mematahkan stigma para pelajar bahwa seseorang hanya perlu belajar ketika di sekolah/kampus saja.

Ilustrasi (c) Unsplash.com