Return to site

Kiat-Kiat Untuk Mengikuti Kelas Online

· e-Learning Indonesia

Jika Anda mempertimbangkan untuk mengambil pembelajaran perguruan tinggi online (atau Anda sudah terdaftar dalam suatu program yang serupa), beberapa tips dan saran di bawah ini dapat membantu Anda mengatasi tantangan untuk mendapatkan nilai terbaik dari program pembelajaran online untuk Anda.

1. Perlakukan pembelajaran online seperti pembelajaran tradisional

Ketika Anda mengikuti proses belajar kelas online, Anda perlu disiplin untuk duduk dan memotivasi diri dengan optimism serta dedikasi untuk benar-benar mengikuti pendidikan. Meskipun Anda bisa fleksibel ketika Anda memilih untuk menyelesaikan pekerjaan Anda dilain waktu Anda tidak dapat menundanya secara terus menerus tanpa batas waktu.

Salah satu cara termudah untuk memastikan Anda dapat mengikuti pendidikan adalah dengan mengingat bahwa Anda membayar untuk mengikuti pembelajaran ini, sama seperti yang Anda lakukan untuk kelas tradisional. Jadi, perlakukan pendidikan online sama halnya dengan ketika Anda mengikuti pendidikan offline/tradisional.

2. Bertanggung jawab atas kewajiban sebagai pelajar

Tetapkan tujuan di awal semester, dan periksa tujuan Anda setiap minggu. Dalam pengaturan ruang kelas tradisional, Anda akan sering menerima pengingat verbal atau visual tentang tanggal jatuh tempo tugas yang akan datang. Tetapi tanpa seorang pengajar yang secara aktif mengingatkan Anda, terserah pada Anda untuk memastikan Anda telah memberikan cukup waktu untuk menyelesaikan tugas pendidikan sehari sebelum jatuh tempo. Ini adalah bentuk tanggung jawab yang harus bisa Anda buktikan selama mengikuti pendidikan offline. Jika Anda kesulitan, berpasangan/berkelompok dengan teman sekelas, atau meminta bantuan teman untuk menyelesaikan tugas bersama-sama.

3. Praktikkan manajemen waktu

Fleksibilitas untuk membuat jadwal Anda sendiri merupakan salah satu daya tarik terbesar untuk mengambil kelas online. Tetapi kebebasan itu juga dapat merugikan jika Anda tidak memiliki keterampilan manajemen waktu yang baik. Tanpa mmanajemen waktu, Anda akan terjebak pada kuliah atau sekolah yang tidak maksimal dan membawa Anda pada keterlambatan dalam menguasai pelajaran/materi maupun untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh pengajar.

4. Buat ruang belajar reguler dan teratur

Siapkan satu ruangan khusus untuk belajar. Dengan menyelesaikan tugas Anda di ruang tersebut berulang kali, Anda akan mulai membangun rutinitas. Tidak peduli di mana ruangan tersebut, yang paling penting adalah menentukan jenis lingkungan apa yang paling cocok untuk Anda. Eksperimen untuk menemukan ruangan mana yang cocok dan dapat meningkatkan produktivitas Anda dalam menyelesaikan tugas atau saat mengikuti pelajaran. Pastikan tuangan tersebut memiliki pencahayaan yang baik agar ketika ada kelas online bersama seperti video call, pengajar dapat melihat Anda secara jelas.

5. Menghilangkan gangguan

Mula dari aplikasi/wesbiste streaming, media sosial hingga hidangan yang menumpuk ini merupakan salah satu bentuk gangguan yang dapat dengan mudah membatalkan studi Anda. Siswa online terbaik tahu cara mengurangi gangguan ini dan menyisihkan waktu untuk fokus pada pelajaran. Seberapa besar tantangan tersebut hanya dapat dirasakan oleh kepribadian dan situasi pelajar. Pada akhirnya, Anda perlu menemukan strategi yang paling cocok untuk Anda agar dapat fokus. Umumnya, pemilihan ruangan akan memberikan efek untuk mengurangi gangguan di sekitar Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com