Return to site

Hal Yang Dapat Menggagalkan Anda Untuk Memaksimalkan Blended Learning

· Blended Learning

Aktivitas dalam blended learning harus mengutamakan interaksi untuk meningkatkan pemahaman pelajar terhadap suatu materi. Jika Anda tidak fokus pada interaksi maka pembelajaran ini tidak lagi sesuai dengan konsep blended learning. Apabila Anda memiliki keinginan untuk memaksimalkan blended learning di sekolah Anda, maka Anda harus menjauhi beberapa faktor ini.

1. Miniminya konsistensi dari pengajar untuk menjalankan blended learning

Konsistensi dalam menjalankan metode pembelajaran blended learning merupakan hal yang harus diutamakan. Ketika Anda tidak konsisten dalam menjalankan metode pembelajaran ini, maka program akan berjalan dalam kurun waktu yang pendek atau tidak lagi diminati oleh pelajar. Konsistensi juga harus diperhatikan dalam mengelola waktu pengajar untuk melakukan rotasi pembelajaran dengan bijak. Jangan mengubah metode sesuka hati, melainkan lakukan dengan melibatkan pelajar.

2. Data yang dimasukkan tidak berkualitas

Data yang Anda simpan untuk mencatat hasil pelajar dalam mengikuti proses belajar dan megajar sangat penting untuk diperhatikan. Data ini menjadi jembatan untuk Anda dan pelajar agar dapat menghasilkan proses belajar dengan tepat dan pemahaman yang baik. Dari data pula Anda akan memiliki kesempatan untuk menjaga kualitas proses pembelajaran dan mempersonalisasikan materi untuk pelajar tersebut.

3. Ingin menguasai dengan cepat

Anda yang baru berpindah dari proses belajar tradisional menjadi proses belajar blended learning tentunya membutuhkan waktu dalam belajar. Jangan terburu-buru untuk menguasainya dengan cepat. Meskipun lambat, pelajar dapat mengikuti proses belajar dengan metode blended learning yang maksimal dan Anda sebagai pengajar dapat menyampaikan materi melalui blended learning dengan tepat. Kecepatan dalam mengadopsi maupun dalam memberikan materi bukan tujuan utama dalam proses belajar ini. Tetapi, yang paling penting adalah bagaimana cara Anda dalam memberikan keputusan untuk mengajarkan kepada anak didik Anda dengan proses yang lebih menyenangkan namun dapat meningkatkan pemahaman belajarnya.

Itulah beberapa hal yang dapat menggagalkan proses pembelajaran dengan metode blended learning yang dapat kami berikan pada kesempatan kali ini. Apabila Anda memiliki pertanyaan mengenai bagaimana sistem LMS dari Brightspace Indonesia membantu Anda, silakan hubungi kami melalui email di hi@brightspaceindonesia.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com