Return to site

Fondasi Pembelajaran Dan Pengembangan Pelajar

· e-Learning Indonesia,Sistem LMS Indonesia

Setiap pengembangan pendidikan harus memiliki fondasi yang kuat. Termasuk dalam sistem e-Learning yang juga harus disertai dengan fondasi yang kuat. Untuk itu, Anda harus mengetahui fondasi tersebut agar dapat menghasilkan bibit-bibit muda yang unggul baik dalam bekerja pada perusahaan maupun sebagai entrepreneur di masa depan. Kita tahu, setiap bibit juga harus mendapatkan pemupukan yang baik. Begitu pula dalam sistem pendidikan, pemupukan untuk bibit-bibit tersebut dilakukan melalui fondasi pembelajaran serta pengembangan pelajar itu sendiri. Lalu apa saja yang menjadi fondasi dalam pendidikan dan pengembangan pelajar? Berikut daftarnya untuk Anda!

1. Instruksional untuk pelajar

Hal pertama yang menjadi bagian penting dalam pengembangan dan pembibitan pelajar adalah dengan bagaimana cara Anda memberikan intruksi kepada para pelajar. Ini penting untuk dilakukan mengingat pelajar harus bisa memahami materi dan apa yang harus dikerjakan dalam satu waktu. Jika instruksi yang diberikan oleh pengajar sulit untuk dipahami oleh pelajar, tentunya akan sulit pula bagi mahasiswa untuk menerima pelajaran dengan baik. Sekalipun sudah dilakukan dengan menggunakan sistem LMS, desain instruksional dari pengajar harus jelas dan terstruktur dengan baik.

2. Penyampaian pelatihan

Pengembangan potensi dari seorang pelajar tidak bisa lepas dari pelatihan. Bagaimana cara Anda memberikan pelatihan kepada mahasiswa dapat menjadi penentu keberhasilan dan kegagalan kampus dalam mencetak mahasiswa yang siap kerja atau siap membangun bisnis setelah lulus. Seperti halnya dalam memberikan instruksi, pelatihan ini pun harus dilakukan dengan sistem yang terstruktur dan memiliki jadwal yang pasti. Agar pemahaman dari mahasiswa terhadap materi benar-benar maksimal.

3. Pemantapan dan evaluasi

Fondasi selanjutnya adalah dengan pemantapan dan evaluasi. Pemantapan untuk memastikan bahwa setiap materi dan pelatihan yang diikuti oleh pelajar sudah benar-benar diterima dengan baik. Kemudian, evaluasi untuk memastikan tidak ada satu pun mahasiswa yang mengalami kesulitan.

4. Teknologi pendukung pembelajaran

Fondasi selanjutnya adalah dari teknologi yang digunakan oleh kampus untuk memberikan materi dan praktik kepada pelajar. Seperti teknologi kelengkapan pembelajaran, alat kesehatan, komputasi dan lain sebagainya. Selanjutnya, teknologi dalam pengembangan mahasiswa dengan LMS juga harus dijadikan fokus oleh kampus mengingat digitalisasi merupakan bagian penting dalam pendidikan yang akan diterima oleh mahasiswa.

Ilustrasi (c) Unsplash.com