Return to site

Elemen Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Program Pembelajaran Online

· e-Learning Indonesia

Di tengah pandemi, pembelajaran online menjadi metode pendidikan baru yang disesuaikan dengan apa yang terjadi di lingkungan sekitar. Hal ini juga menyebabkan pergeseran dari pembelajaran tatap muka ke online selama waktu yang belum ditentukan. Bahkan, e-Learning diproyeksikan akan menjadi pendidikan di masa depan. Manfaat pembelajaran online adalah pengajar dapat memantau pelajar yang mampu beradaptasi dengan pelajaran dan mana yang tidak. Tentunya ini perlu dibekali dengan penggunaan Sistem Manajemen Pembelajaran atau yang dikenal dengan Learning Management System (LMS) untuk memulai program online untuk terus mendukung para siswa tersebut. Elemen yang perlu dipertimbangkan dalam program pembelajaran online

1. Staffing

Staffing adalah komponen penting untuk memenuhi kebutuhan siswa dalam program online. Tentu saja, lembaga selalu memikirkan guru kelas. Namun, pertimbangan staf untuk guru spesialis, mentor atau konselor bimbingan (atau keduanya), administrasi, dukungan pendidikan khusus (terapi okupasi, terapi wicara), dan layanan khusus tambahan juga penting. Sangat penting bahwa siapa pun yang terlibat dengan pemrograman virtual memiliki kesempatan belajar profesional yang tepat untuk membekali pengajar di sekolah Anda mendidik pelajar secara online dengan lebih profesional.

2. Orientasi pembelajaran

Orientasi pembelajaran adalah bagian penting untuk menetapkan bagaimana siswa akan belajar dalam program e-learning ini, terutama jika itu berbeda dari cara yang telah dilakukan di masa lalu. Ini merupakan metode pendidikan yang tidak biasa, karena membutuhkan berbagai macam hal yang harus disiapkan oleh pelajar. Misalnya, pelajar harus menggunakan aplikasi, menggunakan kamera dan sebagainya. Anda sebagai pengajar harus memiliki orientasi yang tepat agar pendidikan menjadi lebih mudah untuk diikuti oleh pelajar.

3. Absensi pelajar

Absensi (kehadiran dan bolos) kemungkinan besar telah berubah karena sebagian besar sekolah berada di tengah-tengah pembelajaran yang fleksibel. Karena lembaga juga sebagian menginginkan untuk melanjutkan pembelajaran online setelah pandemi, maka sekolah harus memiliki standar absensi.

4. Manajemen perangkat

Di beberapa lembaga, pelajar saling berbagi perangkat dengan yang tidak memiliki dukungan perangkat agar dapat ikut belajar bersama. Hal ini tentu akan memberikan kesempatan belajar yang sama kepada seluruh pelajar. Jadi bagi mereka yang berada di bawah garis ekonomi yang baik, mereka masih bisa belajar dan mendapatkan pendidikan.