Return to site

Daftar Teknologi Pendidikan (EdTech) Yang Lagi Nge-Trend

· Education Technology,EdTech

Teknologi Pendidikan atau EdTech adalah teknologi yang dikembangkan untuk menunjang kebutuhan pendidikan yang lebih efisien dan juga guna menunjang e-Learning maupun school from home. Semua hal yang terjadi di dunia teknologi berdampak langsung pada sistem pendidikan dan pembelajaran. Hal ini sudah pasti terjadi dan akan memberikan imbas pada efisiensi untuk guru, pelajar, dan sistem pendidikan kita secara keseluruhan. Di sini kami akan memperkenalkan EdTech yang lagi nge-trend dalam dunia pendidikan beberapa tahun terakhir.

1. Pengalaman Belajar Kustom

Metodologi dan pengalaman pembelajaran tidak boleh sama untuk semua orang, tetapi sistem pendidikan sebelumnya tidak akan pernah bisa mengakomodasi pengalaman belajar khusus karena ada terlalu banyak keterbatasan. Berkat teknologi modern dalam pendidikan, kita dapat memulai metodologi pengajaran dan pembelajaran khusus serta pengalaman yang lebih baik dalam pendidikan mengikuti infrastruktur pendidikan yang ada saat ini. Dengan gadget dan antarmuka modern, sekarang orang dapat memulai pembelajaran berdasarkan kebutuhan, preferensi dan ketersediaannya.

2. Cloud Computing

Cloud computing membuka pintu bagi pendidikan untuk memberikan metode pembelajaran dan data yang lebih mudah untuk diakses. Aksesibilitas kapan saja dan di mana saja dari informasi yang disimpan di server cloud dapat diakes jarak jauh dari aplikasi memungkinkan pelajar untuk mengakses materi kursus dan pendidikan dari perangkat apa pun dan dari mana saja. Anda dapat terus membaca buku dan berkolaborasi dengan siswa dan guru tentang tugas, materi dan apapun yang dibutuhkan dalam pendidikan hanya melalui perangkat pc/handphone. Selain kemudahan akses dan kolaborasi, aplikasi pendidikan berbasis cloud juga memecahkan masalah penyimpanan data.

3. Pengalaman Belajar Virtual dan Augmented

Virtual Reality dan Augmented Reality telah menjadi pendorong besar bagi pendidikan online. Berkat VR dan AR pelajar benar-benar bisa mendapatkan pengalaman belajar yang mendalam tanpa perlu datang ke sekolah ketika terjadi wabah/pandemi seperti saat ini. Jika Anda ingin belajar tentang objek ruang angkasa hanya dengan menjalankan video 3D dengan perangkat VR. Demikian pula, penyiaran real-time dari operasi bedah kritis memungkinkan mahasiswa kedokteran untuk belajar melalui pengalaman yang lebih mendalam.

4. Printer 3D

Printer 3D, yang juga dikenal sebagai prototyping, memungkinkan siswa untuk belajar dengan pengalaman yang lebih nyata. Seorang siswa dapat dengan mudah membentuk idenya tentang objek berkat printer 3D. Dengan pencetakan 3D, siswa dapat memberikan bentuk pada imajinasi mereka. Di lembaga mana pun, printer 3D akan membantu siswa untuk melepaskan ide-ide kreatif mereka dan memiliki lebih banyak pengalaman secara langsung.

5. Learning Analytics

Berkat meningkatnya kecepatan adopsi teknologi dalam sistem pendidikan, belajar data menjadi semakin penting untuk mendorong keputusan dan membuat prosedur pengambilan keputusan lebih mudah. Volume informasi dan data pendidikan yang sangat besar melahirkan analitik pembelajaran, karena semakin penting untuk menilai dan mengevaluasi keterlibatan, daya tarik, dan hasil belajar siswa. Dalam waktu dekat, kita dapat melihat learning analytics untuk memperingatkan guru tentang masalah tertentu, memperingatkan siswa tentang tenggat waktu dan kemajuan mereka, dan sebagainya.

Ilustrasi (c) Unsplash.com