Return to site

COVID-19 Berdampak Pada 1,3 Miliar Siswa Di seluruh Dunia

· COVID-19

Dengan lebih dari 1,3 miliar siswa yang terkena dampak pandemi COVID-19 di seluruh dunia, adopsi pembelajaran jarak jauh meroket ketika sekolah, universitas, dan organisasi beralih ke teknologi pembelajaran berbasis jarak jauh karena kebutuhan semata. Tetapi bahkan ketika banyak institusi mulai merangkul pengalaman mengajar dan belajar yang lebih tatap muka lagi, kita seharusnya tidak mengharapkan pertumbuhan pembelajaran berbasis jarak jauh melambat dalam waktu dekat.

Pembelajaran jarak jauh menawarkan banyak keuntungan yang tidak dimiliki pendidikan tradisional. Misalnya, memungkinkan orang tua pelajar untuk lebih terlibat dalam pendidikan putra-putri mereka, lebih cepat; untuk pelajar perguruan tinggi dan dewasa, beberapa fleksibilitas yang sangat dibutuhkan. Pembelajaran berbasis jarak jauh juga memungkinkan siswa untuk memanfaatkan pengalaman dan pelatihan guru tanpa perlu hadir secara fisik di ruang kelas. Bagi pendidik, ini berarti pemberdayaan untuk memberikan lebih banyak pilihan materi pelajaran dan penilaian yang lebih sesuai dengan gaya belajar masing-masing siswa.

Seperti halnya pergeseran mendasar dari pembelajaran tradisional, pembelajaran berbasis jarak jauh bukannya tanpa tantangan. Salah satu masalah paling mendesak yang dihadapi industri pembelajaran berbasis jarak jauh adalah kurangnya akses ke peralatan dan teknologi yang seringkali diperlukan. Lain adalah bahwa mengadaptasi materi pembelajaran yang akan disampaikan melalui cara jarak jauh memerlukan pemikiran yang disengaja dan harus mempertimbangkan fakta sederhana bahwa beberapa siswa belajar lebih baik di lingkungan yang lebih terstruktur dan mungkin kesulitan saat menggunakan platform pembelajaran berbasis jarak jauh.

Terlepas dari tantangan, pertumbuhan industri terus meningkat. Inside Higher Ed melaporkan bahwa Pada tahun 2019, ada 3 juta siswa yang terdaftar di kelas online. Kedatangan pandemi meningkatkan jumlah itu hampir 93%, dengan lebih dari 5,8 juta siswa terdaftar di kelas pembelajaran jarak jauh pada tahun 2020. Bahkan setelah pandemi akhirnya mereda, angka-angka ini kemungkinan tidak akan kembali, dengan hampir 60% institusi merencanakan untuk melanjutkan kelas pembelajaran jarak jauh yang awalnya ditawarkan untuk menangani krisis kesehatan.