Return to site

Cara Mengatasi Tantangan Belajar Online

· Sistem LMS Indonesia,e-Learning Indonesia

Pembelajaran online menawarkan banyak keuntungan dibandingkan pembelajaran langsung, termasuk fleksibilitas dan kenyamanan. Anda dapat menyelesaikan tugas sekolah kapan dan di mana saja, dan Anda tidak perlu khawatir tentang perjalanan ke kampus. Tetapi jika Anda belum pernah mengikuti sekolah online atau Anda menganggap diri Anda sebagai pembelajar langsung, Anda mungkin menemukan formatnya sedikit menantang.

1. Pengetahuan Teknologi dalam Pembelajaran Online

Kelas online sangat bergantung pada penggunaan teknologi. Anda memerlukan komputer, akses internet, dan perangkat lunak (seperti LMS) yang Anda perlukan untuk berpartisipasi dalam kelas virtual dan menyelesaikan pekerjaan Anda. Jika Anda tidak paham teknologi, Anda mungkin takut dengan pembelajaran online, tetapi kenyataannya adalah platform pembelajaran online sangat ramah pengguna dan akan menawarkan dukungan teknis jika Anda membutuhkan bantuan.

2. Membuat Koneksi Kelas dalam Pembelajaran Online

Jika Anda adalah salah satu dari orang-orang yang tidak dapat membayangkan menghadiri kelas melalui layar komputer, anggapan itu kemungkinan berubah selama pandemi. Semua orang melakukannya! Tapi bukan berarti itu bukan penyesuaian. Bagaimana Anda terhubung dengan pengajar dan rekan-rekan ketika Anda tidak pernah melihat mereka secara langsung? Anda tidak dapat terhubung jika Anda tidak berpartisipasi. Baik itu melalui umpan video langsung, forum online, obrolan, atau email. Bawa diri Anda yang terbaik ke kelas virtual, pastikan untuk menjawab pertanyaan dan tugas sepenuhnya serta dengan kemampuan terbaik Anda. Saat Anda diminta untuk menanggapi jawaban teman sekelas, bersikaplah hormat dan teliti. Anda juga dapat menjangkau waktu di luar kelas.

3. Manajemen Waktu Pembelajaran Online

Tantangan lain untuk eLearning adalah Anda mungkin tidak memiliki waktu kelas yang ditetapkan, mudah untuk membiarkan tugas berjalan begitu saja. Terutama ketika Anda memiliki tuntutan lain dalam hidup Anda, seperti keluarga dan pekerjaan, mungkin mudah untuk mendorong kelas Anda ke urutan terbawah dalam daftar prioritas. Jangan.

Ciptakan zona bebas gangguan di rumah tempat Anda dapat bekerja. Tetapkan hari dan waktu reguler untuk menghadiri kelas virtual dan menyelesaikan tugas. Gunakan silabus sekolah untuk menyusun kalender tugas yang akan datang dan pastikan untuk memberi diri Anda jumlah waktu yang realistis untuk menyelesaikannya. Ketika Anda memiliki tugas besar di depan Anda, bagilah menjadi tujuan yang lebih kecil.

4. Tetap Termotivasi Saat Belajar Online

Anda harus memotivasi diri sendiri untuk tetap pada jalurnya. Bagaimana Anda bisa melakukan itu? Pertama, pikirkan mengapa Anda menghadiri program online sejak awal. Anda juga harus mengembangkan beberapa kebiasaan baik untuk tetap termotivasi. Masuk ke platform pembelajaran Anda setiap hari sehingga Anda tidak melewatkan tugas atau pengumuman apa pun. Kebiasaan belajar yang baik membuat Anda tetap dalam pola pikir siswa dan membantu Anda tetap bekerja dan melakukannya dengan baik. Dan ketika Anda melakukannya dengan baik, baik dalam tugas, proyek, atau ujian, rayakan kemenangan kecil Anda. Kemenangan kecil dapat membuat Anda tetap termotivasi dan membantu Anda mencapai kemenangan besar dengan menyelesaikan program online Anda.

5. Menulis di Program Online

Meskipun Anda dapat melakukan Zoom atau Skype dengan teman sebaya, tutor, dan pengajar untuk mendapatkan bantuan, sebagian besar komunikasi online Anda akan dilakukan secara tertulis. Jika menulis bukan salah satu keterampilan terkuat Anda, luangkan waktu untuk mengoreksi kesalahan tata bahasa atau ejaan sebelum Anda memposting atau mengirimkannya.