Return to site

Awali Blended Learning Di Kampus Anda Dengan Cara Ini!

· e-Learning Indonesia,Sistem LMS Indonesia,Blended Learning

Banyak pengajar yang sudah mulai sadar dengan keberadaan sistem Blended Learning dan ingin mencoba menerapkan metode pembelajaran ini. Hanya saja, banyak dari mereka yang masih ragu untuk memulai karena mereka belum mengerti harus memulai metode pembelajaran ini dari mana dana apa yang harus dilakukan. Maka dari itu, kami ingin memberikan beberapa poin penting yang harus Anda lakukan jika ingin mulai menjalankan blended learning.

1. Gunakan sumber daya yang ada untuk tahap awal

Sebelum Anda mencari sumebr daya tambahan, Anda tidak perlu mencari sumber daya dari luar. Maksimalkan semua sumber daya yang sudah dimiliki oleh kampus baik itu yang berupa data tradisional maupun data digital yang sudah diterapkan sebelumnya. Dengan memanfaatkan sumber daya yang ada, Anda tidak perlu lagi khawatir untuk mencari data yang menghabiskan waktu. Karena umumnya kampus memiliki data base sendiri yang memang terbuka untuk para pengajar kecuali data-data terbatas.

2. Penggabungan video dan tradisional

Blended learning merupakan metode pembelajaran hybrid yang dapat Anda lakukan dengan metode tradisional maupun dengan metode digital (e-Learning). Untuk itu, Anda dapat memperkenalkan sistem kepada para pelajar dengan memberikan materi gabungan yang berupa video dengan metode pembelajaran tradisional kepada para pelajar. Ini akan membantu pelajar dalam meningkatkan pemahamannya terhadap suatu materi pendidikan yang diberikan oleh pengajar.

3. Simulasi

Jangan hanya membuat materi yang sifatnya online dan melupakan metode pembelajaran offline maupun sebaliknya. Jika Anda hanya fokus pada pengajaran digital, itu bukan blended learning namanya. Begitu pula jika Anda hanya fokus pada offline, ini juga tidak dapat disebut dengan blended learning. Simulasikan suatu kondisi yang terjadi di kelas untuk Anda ketahui apa saja yang perlu dilakukan dalam proses pembelajaran blended learning ini. Dengan simulasi dan pengujian yang baik, Anda akan menemukan formula yang tepat dan sesuai dengan minat pelajar agar dapat mengikuti pendidikan dengan baik.

4. Feedback dan metode pembelajaran

Selanjutnya yang harus Anda lakukan untuk memulai blended learning adalah dengan meminta feedback dari pelajar maupun dari rekan pengajar yang Anda miliki. Temukan metode pembelajaran yang lebih baik agar dapat menghasilkan materi yang berkualitas untuk para pelajar.

Ilustrasi (c) Unsplash.com