Return to site

Alasan Mengapa Yayasan Pendidikan Anda Perlu LMS

Pentingnya LMS untuk mendukung pelajar mendapatkan pendidikan yang lebih variatif

· Sistem LMS Indonesia,e-Learning Indonesia

Berdasarkan data we are social pada tahun 2018 lalu, pengguna smartphone aktif di Indonesia mencapai 120 juta orang atau 45% dari seluruh populasi penduduk di Indonesia. Jumlah ini tentunya sudah termasuk jumlah pengguna yang masih berada pada usia sekolah maupun kuliah. Seiring dengan jumlah penduduk yang semakin banyak, harga smartphone yang semakin terjangkau, potensi peningkatan jumlah pengguna smartphone di Indonesia akan semakin meningkat. Tak hanya mengalami peningkatan pengguna, spesifikasi smartphone yang semakin tinggi, koneksi internet yang semakin cepat menjadikan smartphone menjadi gawai primadona bagi para pemuda dibandingkan dengan menggunakan laptop dengan alasan fleksibilitasnya untuk terhubung dengan internet tanpa batas.

Dari situlah, yayasan pendidikan seperti universitas dan sekolah perlu mulai berpikir kedepan untuk menggunakan Learning Management System (LMS) untuk mendukung pendidikan bagi siswa/i maupun mahasiswa/i belajar lebih mudah. Dengan aplikasi LMS yang disediakan oleh Yayasan tentunya akan memberikan kemudahan dan cara yang lebih cepat bagi mereka untuk terhubung dengan institusi pendidikan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakan LMS untuk yayasan pendidikan yang Anda kelola.

1. Mengurangi tingkat frustasi siswa

Hal pertama yang mengharuskan Anda mulai menggunakan LMS adalah untuk mengurangi risiko frustasi pelajar. Mengapa LMS dapat membantu menurunkan tingkat frustasi pelajar, dikarenakan sistem ini mendukung interaksi yang lebih baik antar pelajar maupun dengan dosen. Berkurangnya tingkat stress atau frustasipelajar ini juga sesuai dengan hasil riset yang dirilis oleh NCBI. Di mana, riset tersebut menyebutkan, metode pembelajaran melalui LMS yang memungkinkan untuk berinteraksi lebih banyak dapat mengurangi tingkat stress pelajar. Untuk mendorong interaksi yang lebih variatif guna mengurangi tingkat stress pelajar juga dapat ditambahkan interaksi sosial media yang memungkinkan untuk digunakan sebagai bagian dari fasilitas e-Learning. 

2. Dapat menambah tingkat jangkauan pelajar

Perangkat yang terinstall LMS memudahkan pelajar untuk terus mengikuti pelajaran dengan baik. Wawasan yang didapat oleh pelajar pun akan semakin meningkat seiring dengan menurunnya tingkat ketinggalan materi yang diberikan oleh para pelajar.

3. Mudah dioperasikan diberbagai perangkat

Perangkat handphone dan laptop tidak hanya digunakan untuk hiburan atau gaya saja. Dengan sistem LMS yang dapat diakses diberbagai perangkat ini, akan membuat pelajar lebih semangat untuk mengikuti materi pendidikan. Terlebih lagi untuk LMS yang mendukung blended learning, tentu akan semakin memudahkan para pengajar untuk mengawasi pelajar dari jarak jauh.

Itulah beberapa alasan mengapa yayasan pendidikan yang Anda miliki/kelola perlu menggunakan sistem LMS. Jika Anda masih belum paham atau membutuhkan informasi cara untuk menggunakan aplikasi LMS dari Brightspace Indonesia, silakan hubungi kami di hi@brightspaceindonesia.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com