Return to site

6 Tips Untuk Pembelajaran Online Efektif Yang Harus Diketahui Orang Tua

· Sistem LMS Indonesia

Pembelajaran dari rumah (school from home) sangat populer karena pandemi COVID-19 yang melanda dunia beberapa tahun lalu. Sekolah harus menerapkan belajar dari rumah untuk mencegah penularan virus. Perlu Anda ketahui, Ada banyak keuntungan dan kerugian belajar dari rumah. Misalnya, Anda dapat menyelesaikan pekerjaan dengan kecepatan dan waktu Anda sendiri, membuatnya jauh lebih nyaman dan fleksibel daripada sekolah tradisional.

Namun, banyak siswa merasa sulit untuk tetap fokus pada pembelajaran. Untuk membantu anak Anda menghindari hal ini, kami akan memberikan 6 tips yang dapat diterapkan orang tua untuk mencapai pembelajaran dari rumah yang efektif.

1. Temukan ruang belajar khusus untuk anak Anda

Agar berhasil saat belajar dari rumah, siswa harus menyelesaikan semua pekerjaan mereka di ruang belajar khusus. Area ini harus tenang dan tidak ada gangguan. Disarankan agar ruang belajar memiliki koneksi internet yang sangat baik, karena sebagian besar siswa di rumah akan menyelesaikan tugas dan proyek secara online.

2. Gunakan aplikasi dan alat pembelajaran online seperti LMS

Ada banyak aplikasi dan alat bermanfaat yang dapat digunakan siswa untuk mencapai pembelajaran yang lebih efisien. Misalnya, Learning Management System (LMS) Brightspace Indonesia yang merupakan sistem manajemen pembelajaran yang memungkinkan guru untuk mengatur dan mengelola materi secara online, dan menjadi pusat pembelajaran untuk mengakses konten sekolah. Aplikasi ini dapat digunakan untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dengan teman sekelas melalui fitur kelas virtual.

3. Berkomunikasi dengan guru

Siswa dan orang tua harus berkomunikasi dengan guru saat belajar dari rumah. Jika anak tertinggal di bagian tertentu atau mereka tidak memahami tugas yang diberikan, ini perlu didiskusikan dengan pendidik. Mereka kemudian dapat mengatur pelajaran tambahan atau memberi siswa latihan tambahan untuk meningkatkan pemahaman mereka.

4. Buat rencana studi atau jadwal

Tetap fokus dengan tugas sekolah bisa jadi sulit ketika belajar dari rumah. Untuk menghindari hal ini, disarankan agar siswa merancang dan membuat rencana belajar. Jadwal ini harus mencakup tanggal jatuh tempo, tes, dan tugas. Orang tua kemudian dapat membantu dengan memotivasi anak-anak mereka untuk tetap dengan rencana ini dan tetap di jalur dengan pekerjaan sehari-hari mereka.

5. Dijadikan rutinitas

Menjadikan belajar sebagai rutinitas juga sangat penting ketika belajar dari rumah. Orang tua dapat bersikeras untuk mengingatkan anak-anak mereka bahwa mereka harus menyelesaikan pekerjaan sehari-hari pada waktu tertentu setiap hari. Hal ini akan membantu pelajar untuk mengikuti pendidikan dengan baik untuk menghindari penundaan. Lebih dari itu, disarankan agar anak-anak bangun pada waktu yang sama setiap hari untuk mensimulasikan bangun untuk sekolah.

6. Menentukan tujuan

Anda perlu menetapkan tujuan untuk diri sendiri jika Anda ingin berhasil dalam studi di rumah. Tujuan ini dapat berkisar pada pencapaian nilai tertentu atau menyelesaikan sejumlah pekerjaan setiap hari. Namun, apa pun aspirasi Anda, Anda harus menganggapnya serius dan bekerja keras untuk mencapainya.

Ilustrasi (c) Unsplash.com