Return to site

5 Manfaat Yang Didapat Dari Data Learning Management System

Data dan sistem LMS

· e-Learning Indonesia

Data yang terdapat pada Learning Management System (LMS) memiliki manfaat yang sangat besar untuk menaikkan posisi perkembangan pendidikan yang dilalui oleh siswa/mahasiswa. Dengan data ini, dosen/guru dapat lebih fokus dalam melihat semua aktivitas pelajar dengan lebih mudah. Tak hanya untuk mengawasi saja, sistem LMS dapat menyimpan data proses belajar-mengajar di sekolah/kampus dengan cara yang lebih sederhana dan terstruktur. Berbeda dengan penyimpanan data melalu metode tradisional seperti penyimpanan di buku catatan siswa atau pada file digital tradisional, sistem LMS menyimpan semua data siswa dan mahasiswa pada satu tempat yang lebih efisien. Selain itu, berikut adalah 5 manfaat yang didapat oleh dosen/pengajar dari data yang terdapat pada Learning Management System (LMS).

 

1. Identifikasi kesulitan yang dihadapi oleh pelajar

Data yang terdapat pada sistem LMS akan memudahkan dosen/pengajar untuk melakukan identifikasi adanya potensi kesulitan yang dihadapi oleh pelajar. Dengan data ini pula, dosen dapat segera mengambil tindakan untuk melakukan perbaikan terhadap pelajar tersebut agar tidak ketinggalan dari pelajar-pelajar lainnya.

 

2. Mengukur keberhasilan pelatihan

Dari hasil identifikasi yang dilakukan pada poin pertama, dosen dapat mengambil langkah lanjutan yaitu dengan melakukan pengukuran terhadap keberhasilan metode pelatihan untuk pelajar tersebut. Selain itu, dosen juga mampu mencari metode pelatihan yang baik agar pelajar tersebut dapat menerima materi lebih cepat.

 

3. Memantau kemajuan pelajar

Tak cukup dengan mengukur tingkat keberhasilan pelatihan, dengan data pada LMS yang digunakan oleh lembaga, dosen/pengajar dapat memantau dan menindak lanjuti kemajuan dari masing-masing pelajar. Bukan hanya untuk mereka yang gagal menerima materi pelajaran dengan baik, tetapi juga untuk pelajar-pelajar yang mampu mengikuti pelajaran dengan baik dan nilai yang baik.

 

4. Otomatisasi dalam pengiriman pesan melalui email

Sistem LMS juga dapat memudahkan para pengajar untuk menyampaikan pesan kepada para pelajar/mahasiswa. Pesan-pesan ini dapat berupa ucapan-ucapan yang mungkin tidak bisa diucapkan secara langsung atau untuk merahasiakan hasil yang didapat agar tidak diketahui oleh pelajar lainnya.

 

5. Meningkatkan keterlibatan pelajar

Pelajar yang gagal dan yang berhasil perlu diajak untuk belajar bersama. Dengan sistem LMS ini, pengajar dapat menyatukan mahasiswa yang gagal dan yang berhasil mengikuti pelajaran dengan baik untuk saling membantu. Ini dapat saling mengisi kekurangan satu sama lain yang pada akhirnya kemampuan pelajar untuk menerima peplajaran pun akan menjadi sama rata.

 

Itulah beberapa manfaat yang didapat dari data pada sistem LMS untuk para pengajar yang dapat kami berikan. Jika Anda ingin mengetahui manfaat yang lebih rinci dari penggunaan sistem LMS untuk lembaga pendidikan yang Anda pimpin saat ini, silakan hubungi kami melalui email di hi@brightspiceindonesia.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com