Return to site

4 Tips Untuk Memastikan Siswa Mengikuti Kelas Online Dengan Baik

· e-Learning Indonesia

Sesi kelas virtual sekarang menjadi bagian dari rutinitas bagi banyak guru dan siswa di berbagai negara. Tentunya, sangat penting bagi siswa untuk merasa bahwa mereka adalah bagian dari kelas di mana pun mereka belajar. Kesempatan untuk bertanya dan menjawab pertanyaan, berkomunikasi dengan teman sebaya, serta memberi dan menerima umpan balik dari pengajar harus disiapkan. Berikut beberapa tips untuk memastikan siswa melihat dan mendengar apa yang Anda sampaikan melalui metode pembelajaran blended learning atau ketika mengikuti e-learning.

1. Tetapkan metode yang jelas untuk komunikasi

Siswa harus mengetahui apa yang diharapkan dari mereka di kelas. Bisakah mereka mengajukan pertanyaan atau menjawab pertanyaan? Apakah mereka perlu mengangkat tangan? Aturan Anda secara khusus untuk pelajar perlu distandarisasi di seluruh tingkat kelas, sekolah, atau pengajar. Pemilihan metode komunikasi tertentu mungkin tidak berfungsi di setiap situasi. Misalnya, jika Anda memiliki kelas yang terdiri dari 30 orang, Anda mungkin tidak ingin membiarkan siswa bersuara dan berbicara dengan bebas.

2. Gunakan fitur komunikasi built-in

Baik Anda menggunakan Zoom, WebEx, atau salah satu dari banyak platform kelas virtual lainnya, kemungkinan ada beberapa versi fitur komunikasi dasar, seperti mikrofon, obrolan, angkat tangan, dan jajak pendapat. Anda dapat memilih untuk mengizinkan siswa menggunakan satu atau semua metode komunikasi ini tetapi Anda harus mencontohkannya terlebih dahulu, karena metode yang baru akan asing bagi siswa. Jika Anda mengizinkan siswa untuk bertanya atau menanggapi pertanyaan dalam obrolan, tunjukkan kepada mereka bagaimana cara melakukannya dengan benar. Beri tahu siswa bahwa mereka tidak perlu mengangkat tangan virtual mereka beberapa kali secara berturut-turut.

3. Membuat siswa merasa nyaman

Izinkan siswa untuk memilih latar belakang virtual mereka sendiri (sesuai dengan kesukaannya selama itu tidak melanggar norma) atau pertimbangkan untuk memiliki tema latar belakang yang sesuai dengan peraturan sekolah yang tidak terlalu kaku. Hal ini perlu dilakukan untuk membuat siswa merasa bahwa tidak peduli jaraknya, mereka semua adalah bagian dari kelas Anda di mana mereka harus merasa diterima dan nyaman menjadi diri mereka sendiri.

4. Mendengarkan siswa

Kembangkan hubungan dengan setiap siswa, seperti yang akan Anda lakukan di ruang kelas langsung. Pastikan untuk menjangkau siswa yang tidak selalu angkat bicara di kelas. Jadwalkan waktu untuk konferensi singkat satu lawan satu dengan siswa secara individu untuk mengenal mereka, mendapatkan informasi mengenai kendala yang sedang mereka hadapi saat ini.

Ilustrasi (c) Unsplash.com