Return to site

4 Metode Pendukung e-Learning

· e-Learning Indonesia

Pembelajaran online (e-Learning) dapat menawarkan banyak sekali manfaat untuk semua. Namun, pengetahuan dan pemahaman pelajar tidak dapat diperoleh hanya dengan berbekal alat saja jika tidak diimbangi dengan kualitas metode pembelajaran dan materi yang diberikan. Dalam hal ini, sistem LMS hanya sebagai jembatan yang memfasilitasi pengajar untuk memberikan materi dan metode pembelajaran dengan baik. Berikut adalah beberapa hal pendukung yang harus dilakukan oleh pengajar untuk memaksimalkan e-Learning di sekolah/kampusnya:

1. Komunitas yang mendukung

Komunitas di sini meliputi, guru, pelajar, orang tua dan pejabat kampus/lembaga dan dukungan pemerintah. Semua ini merupakan satu kesatuan dalam komunitas pendidikan yang harus saling memberikan dukungan untuk menjalankan e-Learning. Komunitas internal antara pengajar dan pelajar juga penting dalam mendukung keberhasilan e-Learning ini. Pasalnya, dari mereka lah interaksi dihasilkan untuk mendapatkan hasil pembelajaran yang lebih baik.

2. Ekspektasi yang jelas

Pelajar haru sadar dan memahami apa yang akan terima dari instruksi yang diberikan melalui kelas online tersebut. Metode komunikasi harus saling melengkapi dan tidak hanya memberikan efek yang tidak jelas karena ekspektasi antara pelajar dan pengajar berbeda. Saling meminta dan memberikan feedback akan menjaga ekspektasi ini tetap berada pada jalur yang benar.

3. Aktivitas interaktif

Sangat penting bagi pengajar untuk menggabungkan kegiatan yang interaktif dengan kegiata yang mengharuskan pelajar saling bertukar pikiran satu sama lain agar dapat memperdalam topik dan meneliti materi. Kehadiran internet tentu dapat dimaksimalkan untuk mencapai hal ini di mana pelajar dan pengajar memiliki peluang dalam menemukan sumber materi yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan.

4. Menggunakan sumber daya yang tersedia dengan efektif

Untuk kepentingan pendidikan, tak sedikit informasi yang dapat ditemukan di Wikipedia. Tetapi, Wikipedia bukanlah sumber yang dapat Anda pilih untuk memberikan materi kepada pelajar sekalipun isinya memang sesuai dengan materi pembelajaran. Cara menggunakan sumber daya yang benar adalah mencari ebook materi yang dikeluarkan oleh lembaga pendidikan lain baik di dalam dan luar negeri. Ini perlu dilakukan agar materi yang diberikan dapat dipertanggung jawabkan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com