Return to site

4 Keterampilan Yang Harus Dikuasai Oleh Pelajar

· Tips Belajar

Keterampilan belajar yang baik dan teknik belajar sangat penting untuk kesuksesan akademis Anda. Mahasiswa dimanapun menghadapi tantangan yang sama. Karena itu, belajar di universitas lebih intens membutuhkan pengembangan keterampilan baru yang biasanya tidak kita pelajari di sekolah menengah. Untungnya, tidak ada kata terlambat untuk belajar. Jadikan proses belajar Anda di kampus menjadi lebih mudah dengan mempelajari beberapa keterampilan ini:

1. Kuasai kekuatan dalam menulis

Kekuatan dalam menulis ini penting untuk Anda kembangkan dengan baik. Ini bukan tentang bagus atau tidaknya Anda dalam menulis. Tetapi, yang terpenting disini adalah bagaimana cara Anda menjadikan menulis ini menjadi suatu yang Anda sukai. Pasalnya, kehidupan kita yang serba digital ini sering mudah melupakan sesuatu jika hanya sebatas melihat. Namun, dengan menulis, ingatan kita akan lebih kuat karena ada pengulangan yang terjadi saat kita menulis. Selain itu, ada tiga aktivitas yang dilakukan ketika menulis yaitu berpikir, membaca dan mengingat. Semua ini penting untuk menjaga ingatan Anda pada suatu materi menjadi lebih mudah.

2. Kemampuan dalam membiasakan untuk mengatur diri Anda

Yang harus Anda lakukan adalah dengan memperhatikan dan membiasakan diri dengan kerangka kerja. Ini adalah cara untuk membantu Anda mengatur, memvisualisasikan dan meringkas apa yang Anda dapatkan. Tujuannya adalah memberi Anda cara yang lebih baik untuk menyimpan informasi pada satu halaman. Banyak topik yang bisa dipelajari dan direvisi dengan lebih mudah dan lebih bermakna dengan membuat kerangka kerja.

3. Mengajarkan materi kepada orang lain

Cara yang bagus untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang materi baru adalah dengan mengajarkannya kepada orang lain. Jika Anda memiliki teman yang dapat Anda ajak belajar, bahkan mungkin seseorang yang memiliki tantangan dengan materi, Anda dapat menawarkan mereka untuk belajar bersama. Saat Anda mengajar orang lain, Anda mendapat kesempatan untuk lebih memahami materi itu sendiri. Anda perlu menjawab pertanyaan yang membuat Anda masuk lebih dalam, mencari tahu masalah yang bahkan Anda sendiri tidak menyadari hal tersebut sebelumnya.

4. Keterampilan manajemen waktu

Banyak pelajar yang merasa seperti waktu yang mengatur aktivitas mereka. Sebagian dari mereka mengalami dilema antara menghadiri kelas, pergi bekerja, terjebak kemacetan, mengurus anggota keluarga, mengerjakan tugas dan lain sebagainya. Hal ini pun membuat hari-hari pelajar terasa sangat berat. Akhirnya, kegagalan dalam mengatur waktu dapat membuat Anda semakin kurang produktif dan sukses di universitas. Manajemen waktu yang baik akan membantu Anda mencapai semua hal yang harus dilakukan dengan lebih efisien. Atur pelajaran Anda seefektif mungkin. Perencanaan akan dapat menghemat waktu dan energi. Dengan memprioritaskan tugas, Anda akan lebih mudah dalam memutuskan tugas mana yang paling penting dan harus diselesaikan terlebih dahulu. Tip lain untuk manajemen waktu adalah dengan tidak menunda tugas kecil, membagi tugas kompleks menjadi tugas kecil agar lebih mudah diselesaikan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com