Return to site

4 Jenis Platform Pembelajaran Online, Jangan Salah Pilih!

· e-Learning Indonesia

Ketika Anda ingin mulai membangun atau menerapkan metode pembelajaran online baik untuk program, kursus, sertifikasi, atau gelar untuk pelajar, maka Anda harus mengambil keputusan penting ketika memilih jenis platform teknologi pendidikan yang akan digunakan. Memilih platform pembelajaran online seharusnya mudah, tetapi untuk memilih yang tepat adalah yang perlu mendapatkan perhatian. Bahkan, ini dapat menjadi pilihan yang sulit atau pilihan yang salah jika Anda tidak memahami apa saja jenis platform untuk pendidikan/pembelajaran online (e-Learning). Penting untuk memahami jenis platform pembelajaran online dan bagaimana platform dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda. Disini, kami akan memandu Anda untuk memahami setiap jenis platform pembelajaran online dengan lebih detail.

1. Situs tujuan Pembelajaran/belajar

Situs tujuan pembelajaran atau Learning Destination Sites) adalah sebuah situs web yang menawarkan pembelajaran dari banyak penyedia berbeda. Layanan dari sistem ini memungkinkan Anda untuk membuat pembelajaran yang mana materi diberikan sedemikian rupa, kemudian pelajar perlu mengunggah hasil pengerjaan tugas pada website.

2. Sistem Manajemen Pembelajaran (Closed Source)

Sistem Manajemen Pembelajaran atau Learning Managemen System (LMS) adalah jenis platform yang menyediakan fungsionalitas dasar yang diperlukan untuk mengembangkan dan menyelenggarakan pendidikan online. Platform ini memberi rancangan kursus sebagai sarana untuk membuat kursus/materi, menyimpan, mengelola profil pembelajaran, melaporkan nilai dan kemajuan, serta menyediakan fungsionalitas sederhana lainnya yang diperlukan untuk pembelajaran online. Dikarenakan pengembangan dilakukan oleh penyedia yang mendidikasikan software untuk digunakan dengan lebih mudah tanpa pengembangan, LMS closed source umumnya merupakan software freemium. Atau ada batas untuk akses gratis dan mengharuskan pengguna untuk berlangganan agar dapat memanfaatkan semua fitur yang ada.

3. Sistem Manajemen Pembelajaran (Open Source)

Sistem Manajemen Pembelajaran (LMS) open source adalah jenis platform yang menyediakan fungsionalitas dasar yang diperlukan untuk mengembangkan dan menyelenggarakan kursus online - mirip dengan solusi LMS closed source. Perbedaannya adalah sistem ini bisa digunakan secara gratis dan dapat disesuaikan dengan berbasis komunitas pengembang terbuka. Namun, meskipun ini dapat digunakan secara gratis dan dapat dilakukan penyesuaian, Anda harus berhati-hati jika menggunakan sistem LMS open soure. Pasalnya, jika sistem LMS yang digunakan disisipi program jahat oleh pengembang yang tidak terverifikasi, maka Anda lah yang akan dirugikan.

4. Learning Management Ecosystem

Layanan ini umumnya merupakan platform yang mengumpulkan sistem manajemen pembelajaran pada satu tempat. Jika Anda menggunakan layanan ini, maka Anda akan disuguhi dengan berbagai macam sistem LMS di dalamnya. Hampir sama dengan marketplace untuk jual beli, Learning Management Ecosystem ini akan memudahkan Anda dalam memilih platform.

Ilustrasi (c) Unsplash.com