Return to site

4 Hal Yang Perlu Dilakukan Sebelum Menyampaikan Materi Pelajaran

· e-Learning Indonesia,Tips Belajar

Ketika Anda masih berada pada dunia akademis tentu ingin membuat metode pembelajaran yang efektif agar dapat memahami/menguasai materi yang diberikan oleh pengajar. Kembali pada masa tersebut, Anda yang saat ini menjadi pengajar tentu harus bisa menemukan cara yang tepat untuk menyampaikan materi kepada para pelajar. Ini dimaksudkan agar semua pelajar tanpa terkecuali memahami pelajaran yang Anda berikan. Dalam e-Learning, pemilihan konten/materi juga sangat penting. Anda yang ingin memberikan materi kepada pelajar, perlu memahami beberapa hal ini agar penyampaian materi lebih efektif dan mudah dipahami.

1. Apa yang ingin Anda capai?

Pertama fokuskan pada tujuan Anda dalam membuat konten. Apa yang ingin Anda selesaikan dengan materi tersebut? Tujuan pembelajaran adalah hal penting yang harus Anda lakukan sebelum memutuskan untuk memberikan metode pembelajaran. Sehingga, persiapan Anda untuk proses pembelajaran ini dapat dilakukan dengan lebih matang bukan hanya sebatas penyampaian materi saja.

2. Memilih referensi pembelajaran yang serupa

Jika Anda mengalami kesulitan untuk menyampaikan materi kepada pelajar karena merasa tidak memiliki pengalaman dalam penyampaian melalui e-Learning, Anda dapat mencari dan memilih referensi pembelajaran tersebut. Ada banyak metode yang bisa Anda cari melalui internet manfaatkan kemudahan tersebut.

3. Pilih informasi yang Anda masukkan pada materi secara hari-hati

Anda jangan terpaku pada penyampaian materi saja. Ketika Anda memberikan materi kepada pelajar, tentunya Anda juga akan menambahkan berbagai informasi yang relevan dengan materi. Pilihlah informasi tersebut secara hati-hati dan jangan pernah fokus pada kemudahan dalam diri Anda saja namun pikirkan kembali bagaimana efeknya untuk pelajar.

4. Video, Multimedia, Animasi

Guna menghilangkan kejenuhan pelajar dalam mengikuti pembelajaran, Anda dapat menambahkan animasi pada konten. Tak harus animasi yang kompleks, Anda dapat membuat animai layer seperti pada presentasi. Cara ini dilakukan untuk memberikan kesan yang berbeda bagi pelajar untuk memahami suatu materi. Membuat animasi sederhana ini pun tidak perlu membutuhkan skill grafis yang baik, karena pada presentasi Anda dapat menemukan template animasi baik yang berbayar maupun yang gratis.

Penggunaan sistem LMS akan memudahkan Anda dalam mengelola semua yang ingin Anda sampaikan kepada pelajar. Materi dapat Anda berikan dalam berbagai variasi yang memiliki peran penting untuk meningkatkan efektivitas dalam penyampaian materi. Jika Anda ingin belajar lebih jauh mengenai cara penggunaan sistem LMS BrightspaceIndonesia.com dalam mendukung pembelajaran dan e-Learning di kampus/sekolah Anda, silakan hubungi kami di hi@BrightspaceIndonesia.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com