Return to site

4 Alasan Mengapa Impelementasi LMS Gagal

· e-Learning Indonesia,Sistem LMS Indonesia

Pengguaan sistem LMS tidak melulu dapat berhasil dan sesuai dengan keinginan. Banyak kampus/sekolah yang menggunakan LMS, tetapi metode penggunaan LMS ini tidak berjalan sebagai mestinya. Dari sekian banyak alasan yang menjadi penyebab kegagalan lembaga pendidikan dalam menggunakan LMS, berikut adalah 4 alasan tertinggi yang menjadi penyebab hal tersebut terjadi.

1. Adanya biaya layanan yang tersembunyi

Tidak semua penyedia layanan LMS bekerja dengan benar. Ada diantara mereka yang masih menerapkan sistem pembayaran yang membebankan biaya tak terduga kepada pelanggan-pelanggannya. Biaya tak terduga ini kebanyakan merupakan biaya yang tersembunyi yang dijadikan alasan bagi para penyedia untuk meraup lebih banyak keuntungan. Ketika hal ini terjadi kepada Anda, maka Anda akan merasa dirugikan dan pada akhirnya  Anda akan memilih berhenti untuk menggunakan sistem LMS dan kembali pada metode pembelajaran tradisional.

2. Kurangnya perencanaan yang cermat dan realistis

Dalam menggunakan sistem LMS, lembaga pendidikan (sekolah dan kampus) harus memiliki perencanaan yang baik. Setiap perencanaan tersebut juga harus diperhatikan secara cermat dan tidak terkesan hanya ikut tren. Jika lembaga memilih LMS demi nama besar lembaga tetapi tidak dilengkapi dengan perencanaan yang benar, sudah pasti implementasi LMS ini menjadi hal yang sia-sia.

3. Tidak adanya dukungan dari pemangku jabatan

Pemangku jabatan pada suatu lembaga pendidikan baik negeri maupun swasta tentu sangat penting demi berlangsungnya penggunaan sistem LMS dengan benar. Apabila dukungan dari pemangku jabatan di lembaga tersebut, maka penggunaan LMS akan dianggap sebagai beban pengeluaran bagi lembaga yang pada akhirnya harus diberhentikan penggunaannya dengan terpaksa.

4. Sistem LMS tidak dapat memenuhi kebutuhan pelajar

Pelajar merupakan titik utama dalam penggunaan sistem LMS. Apabila sistem LMS ini dianggap tidak dapat memberikan efek yang baik atau tidak memenuhi kebutuhan pelajar, maka penggunaan sistem LMS ini tidak akan berjalan dengan baik dan memang akan menjadi sistem yang sia-sia.

Itulah 4 hal yang dapat menjadi penyebab gagalnya implementasi LMS di kampus/sekolah yang dapat kami berikan. Jika Anda ingin menggunakan sistem LMS yang terpercaya, Brightspace Indonesia adalah solusi yang tepat untuk Anda. Biaya yang diberikan kepada Anda adalah 100% biaya real yang tidak ada biaya tersembunyi. Informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami melalui email di hi@brightspaceindonesia.com.

Ilustrasi (c) Unsplash.com