Return to site

3 Kelebihan LMS Menghadapi Masa Pandemi

· COVID-19,e-Learning Indonesia,Sistem LMS Indonesia

Apakah Anda masih berpegang teguh dengan hanya mengandalkan metode pembelajaran tradisional? Jika Iya, bagaimana cara Anda dalam memberikan materi kepada pelajar ketika masa pandemi COVID-19 ini masih menganggu aktivitas belajar di sekolah/kampus? Memang, dari beberapa kampus dan sekolah sudah menjalankan protokol pencegahan dengan mengadopsi metode belajar dari rumah. Namun, kebanyakan dari mereka masih bisa dikatakan metode yang diambil masih semi-online. Artinya, mereka masih menggunakan metode pembelajaran dengan memberikan tugas kepada pelajar dan mengumulkan hasil pembelajarannya melalui media penyimpanan online atau dengan mengumpulkan lembar tugas ke sekolah/kampus.

Padahal, penggunaan sistem Learning Management System akan jauh lebih efektif untuk memberikan materi maupun dalam memberikan tugas kepada pelajar tanpa harus mengandalkan media penyimpanan online (cloud storage) atau pun tanpa harus mengumpulkan lembar tugas ke kampus/sekolah. Pasalnya, sistem LMS menyediakan fitur untuk tes, kuis dan materi dan lain sebagainya yang memberikan kemudahan kepada pelajar dan pengajar untuk menerima dan memberikan materi maupun tugas. Selain itu, ada beberapa kelebihan lain jika pihak sekolah/kampus mengimplementasikan sistem LMS untuk pelajar dan pengajar.

1. Materi akan lebih mudah untuk diserap oleh pelajar

Sistem LMS dapat diimplementasikan dengan menggunakan beberapa media seperti gambar, suara, animasi, teks dan video. Pemberian materi pun memiliki akses yang lebih mudah untuk pelajar dalam membuka dan mempelajarinya. Sehingga, cara ini akan jauh lebih cepat diserap oleh pelajar dibandingkan mereka harus mengerjakan tugas tanpa mendapatkan bimbingan materi.

2. Menghemat biaya dan efektif

Menggunakan sistem LMS memudahkan pengajar untuk memberikan tugas kepada pelajar melalui sistem. Di mana, setiap pelajar dapat mengerjakan tugas masing-masing melalui sistem. Hal ini pun dapat menghemat biaya untuk mencetak lembar tugas kepada pelajar. Selain hemat biaya, tentu juga lebih efektif ketika pengajar tidak perlu memperbanyak materi dan tugas. Pasalnya, dengan sistem LMS, pengajar cukup membuat materi dan tugas satu kali dan bisa diakses oleh semua pelajar.

3. Tersedia 24 jam

Semua pelajar memiliki kesempatan untuk membuka materi selama 24 jam penuh setiap harinya (24x7). Ini akan memudahkan pelajar dalam mengakses materi kapan pun tanpa harus terkendala dengan jarak atau hal-hal lainnya. Pasalnya, akses internet tersedia 24x7, dan sistem juga tidak ada sistem yang membutuhkan jeda waktu offline.

Ilustrasi (c) Unsplash.com