Return to site

3 Cara Untuk Mulai Menerapkan Gamifikasi Untuk Para Pelajar

· Gamifikasi

Para pengajar harus melakukan pengujian teori/materi yang berbeda dari semua siswa dengan melakukan metode pembelajaran dengan gamifikasi dan melihat hasil positif dari metode ini. Ada berbagai cara untuk memperkenalkan pada gamifikasi pendidikan dan kami akan memberi beberapa ide untuk Anda para pengajar untuk menjalankan metode pembelajaran ini. Kami berharap hal ini dapat memicu diskusi tentang gamifikasi pendidikan di sekolah/kampus Anda, sehingga para pengajar dapat mendiskusikan topik ini lebih menyeluruh dan memberikan contoh di mana mereka telah menggunakan gamifikasi untuk membuat pembelajaran lebih menarik.

1. Menerapkan sistem rewards

Dorong interaksi di antara siswa dengan menyiapkan sistem reward ketika siswa mencapai sesuatu sebagai sebuah tim. Misalnya, tetapkan tujuan 80% dari kelas yang lulus ujian. Sebagai hadiah, berikan seluruh poin bonus kelas atau bahkan pesta. Dengan begitu, siswa bekerja untuk menguasai materi bersama daripada bersaing dan siswa berprestasi akan membantu orang-orang di sekitar mereka.

2. Gamifikasi pekerjaan rumah untuk mendorong pembelajaran informal:

Pada akhirnya, para pendidik berharap bahwa permainan menerjemahkan pembelajaran ke lingkungan informal. Tidak cukup waktu dalam sehari untuk seorang pendidik untuk memberikan semua materi dan tugas di dalam kelas. Permainan yang diberikan oleh pendidik/pengajar akan mampu meningkatkan rasa ingin tahu dari pelajar. Dengan cara ini, Anda dapat mulai menerapkan gamifikasi untuk pelajar dengan mengerjakan tugas di rumah baik secara kelompok dan individual.

3. Buat sistem manajemen kelas digital yang dapat disesuaikan yang dibangun berdasarkan tema permainan

Pada metode ketiga ini mungkin saat ini sedikit lebih kurang familiar bagi pelajar di Indonesia. Anda dapat menerapkan sistem gamifikasi dengan memberikan tugas kepada pelajar melalui media pembelajaran online seperti dengan implementasi sistem LMS. Dengan menggunakan sistem LMS, pelajar dan pengajar dapat menyesuaikan pembelajaran dengan metode gamifikasi yang lebih mudah dan akan membantu pelajar mengerjakan tugas dengan lebih baik yang disertai penilaian yang lebih sederhana.

Itulah beberapa ide untuk Anda yang ingin mulai menambah metode pembelajaran untuk para pelajar agar mereka dapat mengikuti pendidikan dengan cara yang berbeda dan menarik. Apabila Anda ingin tahu, mengapa gamifikasi dan e-Learning sangat penting, Anda dapat membaca artikel kami sebelumnya yang berjudul “Mengapa Perlu Gamifikasi Untuk e-Learning?

Ilustrasi (c) Unsplash.com